Ada Ramalan akan Tiba Pandemi Baru yang Lebih Dahsyat, Benarkah?

Ada Ramalan akan Tiba Pandemi Baru yang Lebih Dahsyat, Benarkah? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang, punya pendapat pribadi soal risiko pandemi baru di masa depan yang lebih dahsyat. Ia menduga kondisi ke depan bisa jauh lebih buruk dari saat ini.

Hal itu disampaikan Agus dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR RI dalam membahas rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKA-KL) serta rencana kerja pemerintah kementerian dan lembaga (RKP-KL) Tahun 2021.

"Kita tidak pernah tahu kapan vaksin dan obat ini bisa ditemukan, covid-19. Tapi juga menurut pandangan pribadi saya, kalau ada teman-teman wartawan, sekali lagi ini mohon, ini pandangan pribadi saya. Setelah covid-19 ini kita temukan obat dan vaksinnya, saya menduga akan ada pandemi baru yang mungkin lebih dahsyat dampaknya pada kesehatan kita," kata Agus.

Apa yang menjadi prediksi Agus memang tentu mengkhawatirkan, apalagi saat ini pendemi covid-19 belum selesai. Sehingga kewaspadaan harus tetap menjadi perhatian.

Namun, untuk meminimalisir risiko yang mungkin timbul, pemerintah memutuskan untuk membuat dan memproduksi vaksin virus corona Covid-19 made in Indonesia. Hal ini guna memastikan vaksin langsung tersedia di tanah air, cocok untuk penduduk Indonesia, dan harga yang terjangkau.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang PS Brodjonegoro, mengatakan saat ini tim pengembangan vaksin nasional sedang dibentuk, yang beranggotakan seluruh kementerian yang terkait secara langsung dalam pengembangan vaksin.

"Saat ini kita sedang membentuk tim pengembangan vaksin nasional yang anggotanya tidak hanya Kemenristek/BRIN tapi juga mengikutsertakan Kementerian BUMN; Kementerian Kesehatan karena nantinya yang imunisasi adalah Kemenkes; Kementerian Luar Negeri karena kita perlu juga diplomasi vaksin; Kementerian Perindustrian karena industri nanti yang akan menghasilkan vaksin itu; dan beberapa kementerian lainnya. Tujuannya adalah kita ingin mendapatkan vaksin dalam waktu relatif cepat agar tidak tertinggal dibanding negara lain."

"Kemudian kita juga mengembangkan vaksin dari Indonesia sendiri yang kita harapkan akan efektif, terutama untuk virus yang beredar di Indonesia," ungkap Bambang seperti dikutip dari situs resmi.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 2827398724208489242

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item