Bumi di Bawah Ancaman Efek Rumah Kaca dan Naiknya Air Laut

Bumi di Bawah Ancaman Efek Rumah Kaca dan Naiknya Air Laut, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kenaikan permukaan laut membuat dua pulau di provinsi Sumatera Selatan, Pulau Betet dan Pulau Gundul, lenyap tenggelam. Secara global, dari pengamatan rata-rata sejak tahun 2005-2015, disimpulkan bahwa permukaan laut rata-rata naik 3,6 mm per tahun. Sebagian besar perubahan ini terjadi lantaran volume air meningkat akibat pemanasan global.

“Faktor utamanya karena es mencair. Kita telah kehilangan sebagian besar gletser,” tulis BBC dalam laporannya.

Data satelit menunjukkan, es di laut Kutub Utara telah berkurang drastis sejak 1979. Kondisi yang sama terjadi di Greenland, Antartika Barat, dan Antartika Timur. Bumi telah berubah lebih panas akibat efek rumah kaca, kini suhu rata-rata planet kita mencapai 15 derajat celcius.

Mekanisme efek rumah kaca sejatinya menjaga sebagian energi matahari diserap di bawah atmosfer, dan dipancarkan ke segala arah untuk menjaga bumi tetap hangat. Tapi kini, efek rumah kaca diperparah dengan gas yang dilepaskan dari industri dan pertanian. Apalagi karbon dioksida bertahan lebih lama di udara.

Cina adalah negara dengan emisi karbon dioksida paling besar di dunia, disusul oleh Amerika dan negara-negara Uni Eropa. Sementara Indonesia tak kalah banyak menyumbang karbon dioksida (urutan ke-12). Keadaan ini diperparah dengan pembalakan, kebakaran, dan alih fungsi hutan.

Karbon yang berhasil diserap pepohonan akhirnya dilepas lagi dan menambah kontribusi pemanasan global. Sejak revolusi industri sekitar tahun 1750, tingkat karbon dioksida telah meningkat lebih dari 30 persen, dan suhu global naik 1,5 derajat celcius.

“Jika tren pemanasan terus berlanjut, suhu bumi bisa meningkat 3-5 derajat celcius pada akhir abad ini,” demikian rangkum BBC.

Related

World's Fact 4237330812536042733

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item