Dibatasi Hingga 50 Persen, Bagaimana Mal Menghitung Jumlah Pengunjung?

Dibatasi Hingga 50 Persen, Bagaimana Mal Menghitung Jumlah Pengunjung? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sesuai aturan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta, pengunjung mal dibatasi hanya boleh 50 persen dari jumlah biasanya selama masa new normal.

Namun dengan luasnya area pusat perbelanjaan dan tingginya kegiatan keluar masuk orang di dalam mal, bagaimana memastikan jumlah pengunjung tidak melebihi kapasitas?

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Ellen Hidayat menyampaikan bahwa setiap mal pasti memiliki alat hitung pengunjung. Sehingga selama pandemi, jumlah pengunjung sebelum ada Covid-19 dikurangi hingga setengahnya.

"Setiap pusat belanja punya alat hitung disebut people counting. Jadi pada saat normal misalnya kurang lebih 60 ribu pengunjung per hari jadi kami hanya batasi sampai 30 ribu," jelas Ellen dalam virtual konferensi pers BNPB.

Terpenting, menurut Ellen, tidak terjadi penumpukan di mal juga di setiap toko yang ada.

"Ini kan ada pengunjung yang datang dan saat pulang. Jadi selama tidak ada antrean panjang atau penumpukan disuatu tenant dan tidak 50 persen itu untuk mal aman," katanya.

Ia menyampaikan, protokol kesehatan yang diterapkan sesuai dengan arahan Pemprov DKI Jakarta. Bahwa setiap pengunjung dan karyawan toko sebelum masuk ke area harus dicek suhu, cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Protokol yang sama juga diterapkan setiap kali pengunjung akan masuk ke toko. Namun terkait jenis usia, Ellen menyampaikan tidak ada batasan minimal maupun maksimal.

"Jadi untuk DKI Jakarta tidak ada batasan umur, mau sudah lansia atau di bawah 5 tahun. Semua boleh ke mal. Karena kami yakin semua keluarga tahu cara merawat kesehatan dan juga keamanan masing-masing. Di samping pusat belanja juga selalu menyediakan protokol kesehatannya," ucapnya.

Related

News 394845338371341700

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item