Dinosaurus, Penguasa Bumi yang Punah karena Hantaman Asteroid

Dinosaurus, Penguasa Bumi yang Punah karena Hantaman Asteroid, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sekitar 6.500 juta tahun lalu, dinosaurus masih hidup, bahkan menjadi penguasa di planet Bumi. Sampai kemudian punah, karena suatu sebab.

Banyak ilmuwan yang menduga dinosaurus punah karena waktu itu ada asteroid raksasa yang menabrak Bumi, hingga menimbulkan guncangan dan panas hebat. Karena itulah kemudian dinosaurus punah secara massal.

Selain itu, tabrakan asteroid juga menimbulkan awan debu besar hingga menutup langit dan menghalangi sinar matahari, dan itu menyebabkan cuaca berubah mendadak menjadi sangat dingin.

Akibatnya, tumbuh-tumbuhan ikut punah, sehingga dinosaurus yang masih tersisa akhirnya mati kelaparan. Diperkirakan, sekitar 79 persen makhluk hidup yang ada di muka Bumi waktu itu—mulai dari reptil berukuran besar sampai makhluk kecil seperti plankton—ikut punah.

Selain teori tersebut, ada pula dugaan lain. Sebagian ilmuwan menduga dinosaurus punah karena perubahan alam. Dinosaurus tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di Bumi pada akhir zaman Mesozoik.

Kemudian, ada juga yang menduga dinosaurus punah karena terbaliknya medan magnet Bumi. Di suatu masa lampau, kutub utara dan kutub selatan berbalik posisi, dan saat itulah dinosaurus punah. Menurut dugaan ini, dinosaurus jadi stres hingga akhirnya tidak mampu lagi bertahan hidup.

Related

Science 1701141797563413253

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item