Misteri Calon Arang, Wanita Penyihir yang Pernah Hidup di Nusantara

Misteri Calon Arang, Wanita Penyihir yang Pernah Hidup di Nusantara naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Calon Arang adalah tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali, dari abad ke-12. Tidak diketahui siapa yang mengarang cerita ini. Salinan teks Latin yang sangat penting berada di Belanda, yaitu di Bijdragen Koninklijke Instituut.

Diceritakan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani, dan menyebabkan datangnya penyakit. Ia mempunyai seorang putri bernama Ratna Manggali, yang cantik tapi tidak mendapatkan suam, karena orang-orang takut pada ibunya.

Karena kesulitan yang dihadapi putrinya, Calon Arang marah, dan ia pun membalas dendam dengan menculik gadis muda. Gadis tersebut ia bawa ke sebuah kuil untuk dikorbankan. Hari berikutnya, banjir besar melanda desa, dan banyak orang meninggal dunia. Wabah Penyakit pun muncul.

Raja Airlangga, yang mengetahui hal tersebut, meminta bantuan penasehatnya, Empu Baradah, untuk mengatasi masalah ini. Empu Baradah mengirimkan seorang muridnya, bernama Empu Bahula, untuk dinikahkan dengan Ratna, putri Calon Arang. Keduanya menikah dengan pesta yang berlangsung tujuh hari tujuh malam, dan keadaan pun kembali normal.

Calon Arang mempunyai sebuah buku berisi ilmu-ilmu sihir. Pada suatu hari, buku ini ditemukan oleh Bahula, yang menyerahkannya kepada Empu Baradah. Saat Calon Arang mengetahui bukunya telah dicuri, ia marah dan memutuskan untuk melawan Empu Baradah.

Calon Arang kalah. Sejak ia dikalahkan, desa aman dari ancaman ilmu hitam Calon Arang.

Related

Mistery 5256930068480959135

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item