Pengamat Media Beberkan Akun-akun yang Bikin Viral Kasus Bintang Emon

Pengamat Media Beberkan Akun-akun yang Bikin Viral Kasus Bintang Emon naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pengamat media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, menyatakan kasus serangan negatif terhadap Bintang Emon menjadi viral setelah direspons oleh tiga akun.

Tiga akun itu adalah @ramydhia yang membuat utas soal kasus ini, dan lantas dipopulerkan oleh akun influencer Pandji Pragiwaksono (@pandji) dan Arie Kriting (@Arie_Kriting).

Cuitan yang me-mention Bintang Emon (@bintangemon) sendiri muncul sejak Minggu (14/6). Namun, sepanjang hari percakapan tentang Bintang Emon masih rendah. Percakapan baru naik pesat keesokan hari setelah @ramydhia membuat utas pada Senin (15/6) dini hari pukul 04:25 WIB.

Tren makin naik setelah Pandji mencuitkan cerita soal fitnah narkoba kepada Bintang pada pukul 07:21 WIB. Grafik pembicaraan terus naik setelah Arie mencuitkan topik serupa pada pukul 07:38 WIB.

Dalam utas analisis Selasa (16/8), Ismail sempat menyebut kalau meme yang paling banyak direspons netizen adalah gambar yang dibagikan akun Udztad Hilmi (@Hilmi28).

Namun, menurutnya, banyak warganet yang salah memahami cuitannya ini. Hal ini diungkap Ismail setelah Udztad Hilmi mempertanyakan analisis Ismail.

Ia heran mengapa akun miliknya yang dijadikan akun yang paling banyak dibagikan (1st Top most shared). Beberapa netizen pun memprotes lantaran angka retweet Panji lebih tinggi ketimbang sang Udztad.

Ismail pun menjelaskan hitungan Drone Emprit untuk akun yang paling banyak dibagikan merupakan hasil perhitungan dari total retweet, termasuk retweet of retweet of retweet dst. Sementara retweet yang ditampilkan di Twitter adalah retweet langsung.

Lebih lanjut, Ismail menyampaikan, akun yang paling banyak mendapat perhatian dari warhanet usai memposting meme fitnah terhadap Bintang Emon hingga 16 Juni 2020 adalah akun @pandji dengan 34.335 retweet. Kemudian diikuti oleh @Hilmi28 dengan 24.818 retweet, @TretanMuslim dengan 6.594 retweet, dan @fermendkis dengan 2.850 retweet.

Sebelumnya, Ismail menyampaikan, fitnah terhadap Bintang Emon dilakukan oleh tiga akun. Dia mengatakan ketiga akun itu mengunggah meme fitnah yang sama persis.

"Siapa yang pertama kali menyebarkan meme fitnah tersebut? Kita cari di ‘raw data’ Drone Emprit, tanggal 14 Juni. Search dengan keyword ‘sabu’ dan ‘narkoba’ menghasilkan 3 akun yang membuat postingan yang sama persis, pada menit yang sama pula," kata Ismail lewat Twitter.

Ismail membeberkan, ketiga akun itu adalah @LintangHanita, @Tiara616xxx, dan @LiarAngsa. Ketika diekplorasi, dia menyebut ketiga akun itu menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22.45 hingga 22.49 WIB.

Ismail menyampaikan, ketiga akun tersebut sudah dalam status suspended. Sehingga, dia mengaku, pihaknya tidak bisa menelusuri histori dan afiliasi dari ketiga akun tersebut.

Related

News 3308226916149453235

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item