Viral, Paru-paru Jadi Hitam Mengerikan Akibat Merokok 30 Tahun

Viral, Paru-paru Jadi Hitam Mengerikan Akibat Merokok 30 Tahun, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Perdebatan mengenai kontroversi produk rokok sudah lama menjadi perbincangan di dunia kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam rokok memiliki zat yang bisa merusak jaringan-jaringan dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling besar terkena dampaknya adalah paru-paru kita.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang viral. Video tersebut menunjukkan sebuah paru-paru berwarna hitam pekat dari seorang perokok yang sudah melakukan kebiasaan buruknya selama 30 tahun.

Residu dari tembakau rokok menyumbat paru-paru itu, sehingga warnanya tak lagi merah muda. Hasilnya, paru-paru menjadi pekat dan tidak sehat lagi.

Setelah diselidiki, ternyata pemilik paru-paru mengerikan ini adalah seorang pria asal China yang berusia 52 tahun, diduga pria ini meninggal akibat beberapa masalah penyakit pada paru-parunya.

Video itu direkam oleh ahli bedah di Wuxi People's Hospital di Jiangsu, China, dan menjadi viral setelah ditonton 25 juta kali di media sosial.

Diawali dari pasien yang telah mendaftarkan dirinya untuk mendonorkan organnya setelah meninggal. Namun setelah meninggal dinyatakan mati otak dan paru-parunya akan didonasikan, petugas medis menyadari ada yang tidak beres, sehingga dilakukan penelitian dan operasi terhadap pria tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, dokter spesialis bedah, dr Chen, yang juga memimpin proses operasi pada pria itu, menjelaskan bahwa paru-paru itu tidak dapat digunakan.

"Tes indeks oksigenasi awal menyatakan baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organnya, kami menyadari tidak akan dapat menggunakannya," jelasnya.

Dalam unggahan video, dr Chen menuliskan tagar 'jieyan' yang artinya 'berhenti merokok'. "Lihatlah paru-paru ini, apakah kamu masih berani merokok?" tulisnya.

Prof Peter Openshaw dari Institut Jantung dan Paru Nasional di China juga ikut memberikan diagnosanya dan mengatakan bahwa pria tersebut mengalami emfisema paru-paru. Ini mengakibatkan terjadinya peradangan sehingga membuatnya sesak napas.

Tim medis pun memutuskan untuk menolak paru-paru pria tersebut untuk transplantasi. Hal ini menjadi pengingat bagi para perokok untuk bertindak cepat berhenti merokok sebelum paru-parunya menjadi hitam seperti itu.

Selain pendapat para dokter yang menyatakan bahaya dari merokok, kita juga harus sadar akan pentingnya kesehatan paru-paru kita. Bila tidak, mungkin kalian bisa mengalami hal yang sama dengan pria China ini yang memiliki paru-paru hitam pekat.

Related

News 5532305160976805934

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item