Wali Kota Risma Cerita, Ada Warga yang Pilih Kena Corona daripada Kelaparan

Wali Kota Risma Cerita, Ada Warga yang Pilih Kena Corona daripada Kelaparan,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma, mengatakan, pemimpin harus bertindak hati-hati ketika menghadapi warga yang berpikir lebih baik mati karena Covid-19 daripada kelaparan.

“Itu adalah dilema kami. Kita harus mikir sebagai pemimpin, dia mati kelaparan atau mati karena virus,” kata Risma dalam telekonferesi di acara 'Ini Budi' pada Sabtu lalu. "Kita harus hati-hati."

Risma menerangkan, pemimpin harus bijak dan memahami pola pikir warga, terutama pendatang yang tak memiliki KTP Surabaya. Karena itu dia tak mau terlalu lama membatasi pergerakan mereka.

“Mereka kalau lapar siapa yang nganu (kasih makan)? Di data kami enggak ada, karena bukan warga Surabaya."

Meski menerapkan kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), Risma melanjutkan, perekonomian di Surabaya tetap berjalan. Cara yang dilakukannya adalah menetapkan protokol di sejumlah tempat, seperti pasar, pertokoan, dan perkampungan, untuk memutus mata rantai penularan.

Di pasar, misalnya, Risma membuat pemetaan dan membatasi waktu berjualan bagi pedagang.

“Kamu jualan hanya bisa sampai jam 09.00 malam. Kita beri sanitizer. Jadi seperti itu yang harus kita lakukan,” tutur Risma.

Dia juga mengatur secara detil proses transaksi yang dilakukan pedagang dan pembeli. Misalnya, pembeli hanya boleh menunjuk barang, dilarang memegang barang dagangan.

“Bagaimana pedagang nerima uang, memberikan kembalian? Tidak boleh serta merta tukar-tukar gitu,” ujarnya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 8943629520822143216

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item