Bagaimana Vaksin Bisa Bekerja Mengatasi Virus yang Masuk Tubuh Manusia?

Bagaimana Vaksin Bisa Bekerja Mengatasi Virus yang Masuk Tubuh Manusia? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Vaksin yang efekif mungkin satu-satunya jalan keluar dari pandemi corona yang kita hadapi saat ini. Ada sekitar 200 kandidat vaksin yang dikembangkan di seluruh dunia, 20 diantaranya sudah memasuki tahap uji klinis. Misalnya yang dilakukan tim dari Oxford University.

Petunjuk dari uji pada hewan dan uji coba manusia tahap awal adalah kadar infeksi genetik yang masih sebanding dengan yang tidak mendapat vaksin. Hal ini membuktikan bahwa vaksin hanya mencegah tahap kritis, namun tidak mencegah penyebaran virus.

Sedangkan pada manusia, walaupun sampel masih sedikit, menunjukkan bahwa vaksin yang sama mendorong tubuh membuat antibodi penawar yang kuat dan mampu memblokir virus dari sel yang yang menginfeksi.

Namun masih belum jelas apakah kadar antibodi ini cukup untuk menghentikan infeksi baru, atau berapa lama molekul ini bertahan dalam tubuh.

Dengan banyaknya dana mengalir baik pemerintah maupun swasta, kemungkinan besar vaksin ini bisa hadir dalam waktu yang singkat. Dave O’Connor, ahli virologi dari Universitas Winconsin, Madison, mengungkapkan bahwa vaksin yang diciptakan mungkin berguna dalam 12 hingga 18 bulan ke depan, tapi masih harus terus dikembangkan.

Related

Science 9149489667352151077

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item