BPK Ungkap Uang Negara Rp 71 Miliar di 5 Kementerian ternyata Masuk Rekening Pribadi

BPK Ungkap Uang Negara Rp 71 Miliar di 5 Kementerian ternyata Masuk Rekening Pribadi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkap uang negara Rp71,78 miliar di lima kementerian/lembaga (K/L) masuk ke rekening bank pribadi.

Penggunaan rekening pribadi pertama terjadi di Kementerian Pertahanan. Total uang di kementerian tersebut yang ditampung di rekening pribadi sebesar Rp48,12 miliar.

Totalnya, ada 62 rekening bank di lingkungan kementerian yang belum dilaporkan atau belum mendapat izin dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kedua, Kementerian Agama dengan total anggaran sebesar Rp20,71 miliar. Anggaran tersebut masuk ke rekening pribadi atau tunai dalam kelolaan pribadi yang disimpan tunai dan tidak terdaftar di KPPN.

Dana ini terdiri dari Rp4,97 miliar di 13 satuan kerja (satker), Rp5,41 miliar di 12 satker, dan pemindahbukuan ke rekening pribadi Rp10,34 miliar di 15 satker.

Ketiga, KLHK, berupa uang negara dari hasil lelang sita kayu ilegal pada 2003. Dana masih disimpan dalam rekening penampungan hasil lelang kayu atas nama pribadi pensiunan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dan Bendahara Penerimaan periode 2012-2013.

Keempat, Bawaslu, berupa pengembalian sisa belanja langsung dan Tambahan Uang Persediaan (TUP) pada 15 Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung sebesar Rp2,90 miliar yang tidak disetorkan ke rekening Bawaslu Provinsi melainkan disetorkan ke rekening pribadi.

Related

News 5990020882150437694

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item