Eks Pimpinan Mossad: Israel Tak Akan Mampu Hentikan Program Nuklir Iran

Eks Pimpinan Mossad: Israel Tak Akan Mampu Hentikan Program Nuklir Iran, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pernyataan mengejutkan datang dari mantan Kepala Badan Intelijen Israel (Mossad), Shabtai Shavit. Pensiuan pasukan elite Israel, Sayeret Matkal, menyebut bahwa Israel takkan mampu menghentikan program senjata nuklir yang terus dilakukan Iran.

Seperti yang diketahui, Iran adalah salah satu negara Timur Tengah yang sangat menentang arogansi Israel yang terus menindas rakyat Palestina. Di sisi lain, Israel juga tak senang dengan aksi Iran yang terus melanjutkan program senjata nuklirnya.

Program nuklir Iran tak cuma ditentang oleh Israel, tapi juga sekutu utamanya, Amerika Serikat (AS), dan sejumlah negara-negara Barat.

Meski demikian, Shavit ternyata punya pandangan yang justru berbeda. Dengan tegas Shavit menolak bahwa pernyataannya ini adalah bentuk dukungan terhadap Iran. Akan tetapi, Shavit meyakini bahwa Israel takkan bisa memaksa Iran bergabung dalam sebuah perjanjian nuklir.

"Saya bukan salah satu dari mereka yang mengatakan bahwa saat mereka (Iran) memiliki bom nuklir, mereka secara fisik akan mengancam keberadaan Israel. Tidak," ucap Shavit dikutip dari Middle East Monitor.

"Tetapi, negara dengan bom (nuklir) bisa menggunakannya untuk menciptakan semua pengaruh untuk memajukan kepentingannya," katanya.

Dalam kacamata Shavit, Iran punya ambisi yang sama dengan musuh Amerika lainnya, Korea Utara (Korut). Iran dianggap ingin melakukan perlawanan bukan cuma kepada Israel dan Amerika, tetapi juga kepada Turki dan Irak.

"Hasil perang (Iran-Irak) delapan tahun (1980-1988) adalah pemicu bagi Iran untuk membuat keputusan strategis, bukan hanya untuk senjata nuklir saja,” ujar Shavit melanjutkan.

“Tetapi juga, bagi keseluruhan senjata non-konvensional. Rudal balistik nuklir, senjata biologi, senjata kimia, siber, dalam terminologi profesional adalah bagian dari senjata non-konvensional," katanya.

Related

News 8738104583222221872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item