Jerman Resmi Terperosok ke Jurang Resesi, Menyusul Singapura dan Korsel

Jerman Resmi Terperosok ke Jurang Resesi, Menyusul Singapura dan Korsel, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah Jerman mengumumkan Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman minus 10,1 persen. Dengan pengumuman tersebut Jerman resmi mengalami resesi ekonomi.

Pasalnya, kuartal I 2020 PDB Jerman kontraksi 2,2 persen. Dikutip dari AFP, Badan Statistik Federal Jerman menyebut kontraksi dalam PDB menjadi terbesar dan lebih parah dari krisis keuangan 2008-2009.

Badan Statistik tersebut mengungkap upaya penanggulangan pandemi virus corona membuat ekonomi anjlok terutama pada sektor ekspor dan impor.

Namun, di tengah resesi ekonomi, Jerman berhasil menahan angka PHK. Angka pengangguran yang dirilis bersamaan dengan PDB menunjukkan stabil 6,4 persen pada Juli, persentase yang sama pada Juni.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier mengungkapkan pandemi covid-19 akan mendorong negaranya, termasuk negara-negara Uni Eropa, ke jurang resesi terparah sepanjang sejarah pascaperang.

Altmaier membela ekonomi Jerman tidak 100 persen buruk. Dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya, Jerman diklaim masih lebih baik. Bahkan, ia menilai Jerman cukup bertahan dengan kencangnya guncangan pandemi covid-19.

Apalagi, sejak Mei lalu, pemerintahannya telah melonggarkan penguncian wilayah di Jerman, seiring dengan terkendalinya tingkat penularan virus corona.

Diharapkan, kondisi ini bisa membawa Jerman kembali mencatat pertumbuhan ekonomi positif pada Oktober nanti. Keyakinan ini ditopang juga oleh stimulus investasi dan upaya mengangkat daya beli masyarakat.

Selain itu, kebangkitan ekonomi di Jerman juga didukung oleh dana penanganan virus corona sebesar 750 miliar euro yang digelontorkan oleh Uni Eropa.

Meskipun, secara keseluruhan, Altmaier memperkirakan ekonomi Jerman masih negatif di sepanjang 2020. Menurutnya, ekonomi Jerman akan minus 6,3 persen tahun ini dan bangkit pada 2021 menjadi positif 5,2 persen.

Related

News 4287904351117524405

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item