Jusuf Kalla: Kasus Corona di Indonesia Bisa Mencapai 120 Ribu pada 17 Agustus 2020

Jusuf Kalla: Kasus Corona di Indonesia Bisa Mencapai 120 Ribu pada 17 Agustus 2020, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) memprediksi jumlah pasien terinfeksi virus corona (covid-19) di Indonesia mencapai 120 ribu pada Agustus 2020.

Jumlah ini bisa saja terjadi, kata JK, jika tidak ada intervensi maksimal dari pemerintah untuk mencegah persebaran.

"Ketika awal pandemi Maret lalu butuh dua bulan untuk mencapai 10 ribu kasus. Sekarang hanya butuh tujuh hari untuk bertambah lagi 10 ribu, karena itu saya perkirakan akhir Juli ini mencapai 100 ribu dan pada 17 Agustus jumlah penderita covid di Indonesia akan mencapai 120 ribu kalau tidak ada intervensi keras dari kita," ujar JK saat menyampaikan pembukaan Musyawarah Provinsi PMI DKI Jakarta ke XII Tahun 2020 yang diterima melalui keterangan tertulis.

JK mengatakan lonjakan kasus itu tak lepas dari ciri utama corona yang penularannya sangat cepat. Untuk itu, mantan wakil presiden ini menilai perlu berbagai upaya untuk menghambat penularan. Di antaranya dengan mengurangi pergerakan orang hingga penyemprotan disinfektan.

"Saya kira tidak ada cara yang paling efektif membendung wabah ini selain mengurangi pergerakan orang. Mengenai caranya terserah pemerintah," katanya.

"Dan tentunya PMI tetap membantu dengan melakukan penyemprotan disinfektan karena hanya itu cara mematikan virus tersebut," lanjut JK.

Dari jumlah tersebut, 37.636 orang di antaranya telah sembuh dan 3.710 orang meninggal dunia. Penambahan jumlah kasusnya mencapai lebih dari 1.000 per hari. Bahkan sempat mencapai 2.657 kasus dengan separuhnya berasal dari klaster Secapa TNI AD di Bandung, Jawa Barat.

Presiden Jokowi sebelumnya telah mengeluarkan prediksi bahwa puncak kasus corona di Indonesia berada pada rentang Agustus- September.

"Kalau melihat angka-angka memang perkiraan puncaknya Agustus-September, perkiraan terakhir yang saya terima," ujar Jokowi dalam pertemuan dengan media, Senin kemarin.

Jokowi mengatakan, prediksi puncak covid-19 bisa berubah jika gagal dikendalikan. Untuk itu, ia mendorong para menteri untuk bekerja lebih keras.

Related

News 4099412118636132535

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item