Kasus Corona di Indonesia Menembus Rekor di Era New Normal, Ini Kata Jokowi

Kasus Corona di Indonesia Menembus Rekor di Era New Normal, Ini Kata Jokowi,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Presiden Joko Widodo menyoroti penambahan kasus virus corona (covid-19) yang tembus 2.657 orang di tengah kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Kamis (9/7) kemarin. Penambahan ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi covid-19 ditemukan awal Maret lalu.

"Perlu saya ingatkan sudah lampu merah lagi, hari ini secara nasional kasus positif tinggi sekali hari ini, 2.657," ujar Jokowi.

Lonjakan kasus ini terjadi ketika pemerintah melonggarkan pembatasan aktivitas sosial menuju new normal.

Menurut Jokowi, penambahan kasus yang mencapai lebih dari 2 ribu ini menjadi peringatan tiap daerah agar lebih keras mengendalikan persebaran kasus covid-19. Ia menegaskan bahwa sebaran covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia sangat tergantung kepada penanganan di tiap daerah.

Mantan wali kota Solo itu lantas menyinggung kasus covid-19 di Kalteng yang terbilang kecil yakni 1.093 kasus. Namun ia mengingatkan jika jumlah kasus itu tak dikendalikan, jumlahnya akan terus bertambah.

"Kalau angka yang masih kecil ini tidak dikendalikan dengan baik, manajemen krisis tidak tegas, rakyat tidak diajak semua bekerja bersama menyelesaikan, hati-hati angka yang tadi saya sampaikan bisa bertambah banyak. Jangan dianggap enteng," katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sejak 1 sampai 8 Juli, kasus positif virus corona bertambah di atas 1.000 orang per hari.

Total kasus positif Covid-19 dari 1 sampai 8 Juli sebanyak 11.694 orang. Dengan demikian, rata-rata kasus positif bertambah 1.462 orang per hari.

Angka tambahan kasus positif tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata kasus positif harian sepanjang Juni 2020.

Dari data 9 Juli, jumlah kumulatif kasus covid-19 mencapai 70.736 orang. Dari jumlah tersebut 32.651 orang sembuh dan 3.417 lainnya meninggal dunia.

Related

News 628271121728723192

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item