Panduan Membuat Akun Google Scholar dan Cara Menggunakannya

  Panduan Membuat Akun Google Scholar dan Cara Menggunakannya,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Beberapa akademisi seperti dosen atau guru hingga anak didik mahasiswa mulai tak asing dengan fitur Google Scholar. Pasalnya, mulai dari cara membuat, daftar dan penggunaan akun Google Scholar memiliki tahap registrasi yang tak sukar dilakukan.

Google Scholar atau atau Google Cendekia ini kerap digunakan oleh para mahasiswa hingga akademisi untuk membantu dalam pencarian sitasi skripsi hingga karya ilmiah.

Selain dapat dijadikan rujukan, alat pengindeks milik Perusahaan software raksasa Google yang mulai dioperasikan sejak tahun 2004 ini dapat dijadikan sebagai ukuran prestasi dosen atau akademisi dalam mengembangkan karya ilmiahnya.

Namun sebelum melanjutkan ke tahapan cara membuat akun Google Scholar dan menggunakannya secara profesional, pengguna harus terlebih dahulu memahami penggunaan dan teknis kerja Google Scholar.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Sebelum melakukan proses pembuatan, pengguna juga harus memperhatikan syarat dan kebutuhan pendukung seperti menyiapkan data diri dan memutuskan bidang keilmuan hingga memastikan kecepatan koneksi internet yang stabil.

Setelah itu, ikutilah tahap-tahap berikut dengan urut dan teliti:

1. Pengguna harus memiliki email pribadi yang akan didaftarkan, rekomendasi email yang digunakan ada baiknya menggunakan email dengan domain (ac.id, .org atau .com). Hal tersebut untuk lebih meyakinkan mesin google bahwa pengguna merupakan akademisi dari suatu Universitas ataupun Akademi.

2. Buka alamat situs Google Scholar di https://scholar.google.co.id/, pengguna harus login melalui akun google. Kemudian, pilih tombol 'My profile' di bagian layer kiri atas.

3. Akan muncul tampilan dengan lima koloman isian yang harus diisi. Keterangan yang dibutuhkan dalam pengisian adalah nama lengkap, nama instansi, alamat email yang terafiliasi dengan Universitas atau Perusahaan, bidang keilmuan yang ditekuni, serta alamat website (tidak wajib).

4. Lengkapi tahapan pembuatan dengan ceklis 'Make my profile public' untuk membuat karya publikasi dapat dinikmati semua orang

5. Pengguna akan dibawa ke halaman profil untuk dilengkapi foto diri hingga latar belakang tampilan akun Google Scholar

Cara Menggunakan Google Scholar

Setelah berhasil membuat akun Google Scholar, maka pengguna akan melanjutkan langkah selanjutnya dengan mulai mengunggah karya publikasi ilmiah di akun yang telah teregistrasi.

Yang perlu diperhatikan, pengguna harus menyiapkan artikel yang ingin dipublikasikan. Setelah itu, ikutilah tahap-tahap berikut dengan urut dan teliti:

1. Untuk menambahkan artikel pertama, maka pengguna perlu klik ikon 'add'.

Akan ada tiga pilihan penambahan artikel sebagai berikut:

Pertama 'add article groups' untuk menambahkan artikel dalam kelompok yang ada nama pengguna di dalamnya.

Kedua 'add articles' untuk menambahkan artikel pribadi yang dikerjakan secara individu.

Ketiga 'add article manually' untuk menambahkan artikel secara manual. Pengguna dapat memulai dari awal dengan mengisi kolom judul artikel, tanggal terbit, jurnal, volume, isu hingga isi artikel.

2. Ketika pengguna memutuskan untuk memilih berbagai artikel, maka secara otomatis artikel tersebut akan tampil di dalam profil masing-masing.

3. Selain itu pengguna juga dapat menyunting atau edit data artikel secara manual, seperti judul, tanggal, penerbit, volume, isu dan lain sebagainya.

4. Selain itu pengguna juga dapat menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di dalam profil pengguna

5. Untuk melakukan pemeriksaan indeks pencarian, silahkan buka kembali homepage Google Scholar dan ketik nama panjang pengguna di kolom pencarian. Maka pengguna dapat melihat bagaimana tampilan profil yang dilihat instansi hingga publik.

Related

Tips 6548056738946617467

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item