Perbedaan Olahraga Aerobik dan Anaerobik Serta Manfaatnya bagi Kesehatan

Perbedaan Olahraga Aerobik dan Anaerobik Serta Manfaatnya bagi Kesehatan,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Bersepeda jadi olahraga yang digandrungi masyarakat sejak aturan Adaptasi Kebiasaan Baru atau new normal diberlakukan.

Meski selintas bersepeda terlihat olahraga yang mudah, namun manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Yang seringkali luput adalah masyarakat yang merasa hanya akan bersepeda di sekitar rumah, hingga mengabaikan kelengkapan pelindung diri.

"Sebelum bersepeda keluar rumah, kita harus senantiasa melengkapi tubuh dengan kelengkapan, seperti pelindung kepala atau helm, masker yang sesuai, pelindung untuk mata, siku dan lutut, pakaian yang sesuai untuk bersepeda, kaos kaki juga sepatu bersepeda," kata dokter spesialis Kedokteran Olahraga dr. Michael Triangto, Sp.KO dalam keterangan tertulis.

Michael menambahkan, penting juga untuk membawa minum dan disinfektan sendiri sebagai bagian upaya pencegahan Covid-19.

Perlu diperhatikan juga tinggi sadel yang tepat agar tidak mengalami gangguan pada daerah sendi lutut.

Bersepeda di tengah wabah pandemi, menurutnya, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan dari kegiatan tersebut.

"Misalnya jika diperuntukkan bagi kesehatan, tentunya harus mencapai gol dimana tingkat kesehatan pelakunya harus menjadi lebih baik dari pada sebelum memulai olahraga bersepeda," katanya.

Ia menjelaskan bahwa olahraga bersepeda juga harus memiliki program latihan yang jelas dengan memiliki FITT, yaitu frekuensi latihan, intensitas, lama latihan dan jenis latihan. Michael menganjurkan sebaiknya lama olahraga cukup 150 menit dalam satu minggu.

Di sisi lain, jenis olahraga juga dibagi menjadi aerobik dan anaerobik. Bersepeda termasuk dalam jenis olahraga aerobik.

Sehingga bersepeda baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat membantu mengatasi penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, gangguan lemak tubuh, dan asma.

Asalkan dilakukan dalam program yang benar juga sesuai dengan kondisi kesehatan dan kemampuan saat itu.

Meski begitu, Michael juga mengingatkan pentingnya olahraga anaerobik. Olahraga anaerobik bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan kebugaran tubuh agar mampu melakukan aktivitas fisik yang lebih berat tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Michael menjelaskan bahwa olahraga anaerobik bertujuan untuk melatih otot yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh, artinya tidak boleh dilatih secara berlebihan.

"Latihan otot-otot itu sendiri akan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan bersepeda kita, dan juga tentunya berguna juga bagi kehidupan kita sehari-hari," pungkasnya.

Related

Sports 8317498176043031725

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item