Peristiwa Bersejarah: Demonstrasi Menentang Perang di Amerika

Peristiwa Bersejarah: Demonstrasi Menentang Perang di Amerika,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pada 20 Oktober 1967, sekitar 4.000 orang pengunjuk rasa turun ke jalanan kota Oakland, California, untuk menentang Perang Vietnam. Mereka berkumpul di dekat markas militer yang menjadi tempat pendaftaran calon tentara. Demo ini merupakan salah satu unjuk rasa anti Perang Vietnam terbesar di AS saat itu.

Para demonstran yang marah membangun barikade di jalan, untuk menghalangi kendaraan yang membawa calon tentara. Empat hari sebelumnya, kelompok anti perang mengumumkan kampanye “Minggu Penghentian Wajib Militer” yang dilangsungkan di seluruh AS.

Aksi protes ini telah mendorong sebagian calon tentara untuk mengembalikan kartu wajib militer mereka. Lebih dari 7.000 orang telah pergi ke luar negeri guna menghindari wajib militer.

Sejak demo masif di California, aktivitas unjuk rasa anti perang terus menguat. Pada tahun 1968, Presiden Lyndon B. Johnson menghentikan pemboman di Vietnam Utara, dan memulai pembicaraan damai.

Lima tahun kemudian, Perjanjian Perdamaian Paris ditandatangani. Pada tahun yang sama, kebijakan wajib militer di AS dihapuskan. 

Related

International 846196269483448695

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item