Perlu Tahu, Ini Bahaya Menyemprot Makanan dengan Disinfektan Berbahan Pemutih

Perlu Tahu, Ini Bahaya Menyemprot Makanan dengan Disinfektan Berbahan Pemutih, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Jangan pernah bersihkan bahan makanan setelah berbelanja menggunakan larutan pemutih sebagai upaya pencegahan virus corona. Terlebih, bahan makanan dianggap bukan media utama penyebaran virus.

"Bisa ada risiko transfer virus jika seseorang yang membawa virus bersin ke produk makanan dan dalam beberapa jam Anda menyentuhnya dan kemudian segera memakannya, tetapi kemungkinan ini terjadi tipis," ujar Dr. Tamika Sims, Direktur Komunikasi Teknologi Pangan di International Food Information Council, dikutip dari Insider.

Selain tidak membantu mencegah infeksi karena makanan bukan merupakan sumber penularan, pemutih juga dapat menimbulkan risiko kesehatan.

"Pemutih tidak dimaksudkan untuk digunakan membersihkan makanan atau produk makanan apa pun. Menelan pemutih dalam jumlah berapa pun bisa menjadi bahaya kesehatan utama," kata Sims.

Dia menjelaskan terlalu banyak larutan pemutih dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, mulut, dan tenggorokan. Penyemprotan larutan pemutih sebagai disinfektan sangat buruk karena dapat menyebabkan iritasi paru-paru jika asap pekat dari pemutih terhirup.

Sebagai solusi, jika khawatir partikel virus menempel di bahan makanan, Sims menegaskan cukup memasaknya atau mencucinya dengan air hangat.

"CDC telah memberi tahu kami bahwa virus ini rusak relatif mudah dengan air hangat dan panas," tuturnya.

Barang-barang kaleng atau barang-barang dalam wadah plastik atau gelas juga dapat dibilas dengan air hangat sebagai tindakan pencegahan. Atau, cukup mengelap dengan menggunakan tisu disinfektan dengan hati-hati.

Sejauh ini, hal terbaik dalam pencegahan virus corona adalah mencuci tangan secara menyeluruh dan sering, terutama setelah pulang dari berbelanja, termasuk ketika ingin menggunakan bahan makanan.

Related

Health 7459111878720723956

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item