Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia (Bagian 1)

Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Presiden Joko Widodo berkunjung kali kedua keluar Jakarta dan Bogor saat pandemi Corona. Tujuannya untuk memantau penanganan wabah COVID-19 di Jawa Tengah. Di sisi lain, Jokowi mengunjungi Kabupaten Batang, di sebelah barat Kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah.

Di Batang akan berdiri kawasan industri untuk tempat perusahaan asing yang akan direlokasi. Lahan untuk industri menggunakan area N 9 atau PTPN IX Siluwok dengan luas 450 hektare dari seluruh area 4.300 hektare.

Hingga saat ini ada tujuh perusahaan akan masuk ke Indonesia yakni PT Meiloon Technology Indonesia, Sagami Electronics Co Ltd, PT CDS Asia atau Alpan Lighting, PT Kenda Rubber, PT Denso, PT Panasonic dan LG Electronics.

“Saya senang yang 7 perusahaan sudah masuk, selanjutnya 17 potensi investasi sebesar USD 37 miliar harus dikawal, dikejar dan dilayani. Tingkatkan competitiveness, jangan sampai kejadian 2019 kejadian lagi [tidak ada perusahaan yang relokasi ke Indonesia],” ujar Presiden Jokowi.

Total keseluruhan nilai investasi dari 7 perusahaan tersebut mencapai USD 850 juta atau sekitar Rp11,9 triliun dengan potensi penyerapan tenaga kerja hingga 30.000 orang. Perusahaan-perusahaan ini memindahkan pabriknya dari Cina, Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia dan Korea Selatan.

Berikut profil tujuh perusahaan asing yang akan membangun pabrik di Indonesia:

PT Meiloon Technology Indonesia 

Meiloon berdiri sejak 1973 di Taipei, Taiwan. Pabrik dari Suzhou, Cina (Meida Technology Suzhou. Co. Ltd) akan direlokasi ke Indonesia. Pabrik di Taiwan dan Cina merupakan pusat produksi untuk pasar global. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur speaker, audio, video elektronik.

Selama lebih 40 tahun terakhir, kapasitas produksi telah diperluas ketiga pabrik yang berlokasi di Taiwan dan Cina (Suzhou dan Guangdong), dan kantor penjualan dan layanan global telah didirikan di seluruh dunia, di antaranya di Inggris dan Amerika Serikat. Pabrik pusat di Taiwan dan dua di Cina.

Bila pabrik di Suzhou relokasi ke Indonesia, tersisa satu pabrik di Cina, di Guangdong (Dongguan Meiloon Acoustic Equipments Co Ltd). Pada tahun 2001, Meiloon terdaftar di Bursa Efek Taiwan (TSE) pada tahun 2001, dengan kode TSE 2477.

Sagami Electronics Co Ltd 

Sagami telah berdiri di Yokohama Jepang sejak 1946 sebagai perusahaan komponen elektronik dan peralatan komunikasi elektronik dengan jumlah karyawan 120 dan 4.000 di luar Yokohama. Total modal dibayar 150 juta Yen. Presiden perusahaan adalah Teppei Hashimoto.

Pada 1987 mulai ekspansi ke Hongkong dan Shenzhen Cina. Kemudian merambah ke Asia Tenggara, tepatnya Singapura pada 1989 dan Malaysia 1990. Lima tahun berikutnya mendirikan pabrik di Amerika Serikat. Pabrik di Indonesia baru berdiri pada 2012 di Tanjung Morowa, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Bila relokasi ke Batang berhasil, Sagami hanya menyisakan kantor untuk penelitian dan pengembangan (R & D). Kantor penjualan juga ada di Singapura, Kowloon Hong Kong, dan Osaka serta di Yokohama, Jepang sebagai kantor pusat.

PT Sagami akan merelokasi pabrik dari Shenzen, Cina karena biaya pabrik dan tenaga kerja di Indonesia lebih kompetitif dari Cina. Di Shenzen, Sagami punya kantor penjualan, teknik dan pabrik.

Baca lanjutannya: Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia (Bagian 2)

Related

News 2626874962607004701

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item