Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia (Bagian 2)

Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 7 Perusahaan Dunia yang Akan Bikin Pabrik Baru di Indonesia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

PT CDS Asia atau Alpan Lighting 

Dalam situs resminya, Alphan menyebut sebagai pelopor teknologi lampu berbahan bakar tenaga surya selama lebih dari 30 tahun. Alphan merupakan perusahaan global yang berbasis di Camarillo, California, Amerika Serikat.

Bohlam dari Alphan dengan teknologi LED (light emitting diode). Contoh produknya digunakan untuk lampu taman. Alphan merencanakan relokasi pabrik dari Xiamen, Cina karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika nol persen dibanding tarif 25 persen dari Cina ke Amerika.

PT Kenda Rubber 

PT Kenda Rubber berencana relokasi pabrik dari Shenzen, Cina karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia. Produknya adalah ban sepeda kayuh, ban sepeda motor, ban industri, dan ban mobil. Negara tujuan ekspor tersebar di benua Asia, Amerika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa.

Kenda punya kantor di Taiwan, Amerika Serikat, dan Jerman. Pusat teknologi ada di Amerika Serikat. Pabrik di Taiwan, Vietnam, Cina mencakup Jiangsu, Shenzhen Guangdong, dan Tianjin. Di Indonesia di Serang, Banten.

Kenda Rubber berdiri pada 1962 di Yuanlin, Taiwan untuk memproduksi ban sepeda. Setelah saham Kenda melantai di Bursa Efek Taiwan periode 1985-1990, perusahaan berekspansi ke Amerika Serikat dan Cina, lalu ke Eropa pada 2013. Dan mulai merambah Asia Tenggara, diawali Vietnam pada 1997 disusul Indonesia sejak 2015.

PT Denso 

PT Denso Indonesia akan merelokasi salah satu pabriknya di Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN. Denso merupakan perusahaan pemasok suku cadang otomotif seperti air conditioner (AC) atau pendingin kabin mobil.

Tenaga kerja secara global mencapai 170.000 orang di 200 lokasi seluruh dunia. Jaringan operasional mencakup benua Eropa, Amerika Utara, Asia plus Jepang sebagai kantor pusat.

Di Indonesia, Denso berdiri sejak 1975. Ada tiga pabriknya di Sunter dan Bekasi dengan 5.349 karyawan.

PT Panasonic 

PT Panasonic Manufacturing Indonesia akan relokasi salah satu pabriknya dari Cina karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances.

Pendiri Panasonic adalah Konosuke Matsushita pada 1918 di Jepang. Perusahaannya memproduksi peralatan listrik rumah tangga. Di Indonesia, Panasonic berdiri dengan semangat nasionalisme buat memproduksi alat komunikasi pada 1954. Pendirinya H Thayeb Moh. Gobel lewat PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta.

Pabrik itu merupakan pelopor produsen radio transistor di Indonesia. Pada 2004, nama perusahaan berubah jadi Panasonic Gobel Indonesia. Nama Gobel diambil dari pendiri.

LG Electronics 

Pabrik PT LG Electronics Indonesia mencakup Cina (Guangzhou, Shan Dong, dan Nanjing) dan satu pabrik di Vietnam. Sedangkan kantor pemasaran Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Singapura hingga Malaysia. Pendiri LG Electronics adalah In-Hwoi Koo pada 1947 di Korea Selatan.

Produk pertama adalah kosmetik dengan merek Lucky Cream. Dalam perkembangannya, LG memproduksi peralatan elektronik seperti speaker, televisi, dan telepon genggam. Varian produksi lain adalah bahan kimia dan peralatan komunikasi.

LG akan relokasi pabrik dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia.

Related

News 1674163568162574085

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item