SMI Cari Pinjaman Sindikasi Bank hingga Rp 7,25 Triliun

 SMI Cari Pinjaman Sindikasi Bank hingga Rp 7,25 Triliun, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mengklaim tengah memproses pencairan pinjaman sindikasi dari bank multinasional senilai US$500 juta atau sekitar Rp7,25 triliun mengacu kurs Rp14.500 per dolar AS.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan perseroan telah melakukan komitmen pembiayaan akhir (financial closing) dengan pihak debitur.

"Mungkin, dalam waktu dekat kami akan tanda tangan karena ini dalam proses book building senilai US$500 juta dari sindikasi bank multinasional," katanya.

Ia menuturkan dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat pendanaan SMI khususnya untuk membiayai badan usaha.

Sementara itu, untuk pendanaan kepada pemerintah daerah (pemda), SMI tengah fokus menyalurkan pinjaman daerah yang berasal dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hari ini, perseroan baru saja menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait pinjaman PEN dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, senilai Rp16,5 triliun.

Untuk sumber dananya, lanjut dia, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pada tahap awal, pemerintah menyalurkan pinjaman PEN kepada daerah melalui SMI sebesar Rp10 triliun.

"Kalau Rp10 triliun sukses dan ada animo lagi, apabila bunga murah bisa jadi kami akan menambah perolehan pinjaman kami dari pemerintah yang juga bunganya murah. Itu salah satu alternatif," jelasnya.

Untuk diketahui, DKI Jakarta mendapatkan pinjaman senilai Rp12,5 triliun. Terdiri dari usulan pinjaman untuk tahun ini senilai Rp4,5 triliun dan Rp8 triliun di 2021.

Sementara itu, Pemprov Jabar Barat menerima alokasi pinjaman senilai Rp4 triliun. Rinciannya, sebesar Rp1,9 triliun diusulkan pada tahun ini, dan Rp2,09 triliun tahun depan.

Related

News 8857014120259497095

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item