Sri Mulyani: Di Masa Pandemi, Pajak adalah Tulang Punggung Penerimaan Negara

Sri Mulyani: Di Masa Pandemi, Pajak adalah Tulang Punggung Penerimaan Negara,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengajak seluruh jajaran kementeriannya untuk mengelola pendapatan negara dari sektor pajak dengan penuh komitmen, integritas, profesionalitas, dan kompetensi.

Terutama, dalam menghadapi situasi genting akibat pandemi covid-19. Hal tersebut diungkapkan lewat akun resminya di instagram @smindrawati dalam rangka memperingati Hari Pajak ke-75.

"Pajak adalah tulang punggung penerimaan negara! Setiap rupiah dari pajak yang dibayarkan harus memberi manfaat besar kepada seluruh rakyat Indonesia," tulis Ani, panggilan akrabnya.

Mantan direktur pelaksana bank dunia itu juga menegaskan bahwa kementerian yang dipimpinnya tidak akan menyerah, meskipun menghadapi tantangan berat di masa krisis saat ini.

"Pandemi covid-19 membawa tantangan uang besar dalam pelaksanaan tugas kita. Namun, apabila kita dapat melaluinya, kita akan menjadi manusia yang lebih baik, bangsa yang lebih baik," ucapnya.

Sektor perpajakan memang mengalami tekanan berat akibat lesunya aktivitas perekonomian, serta besarnya insentif yang digelontorkan pemerintah untuk menyelamatkan banyak perusahaan yang terancam bangkrut akibat pandemi covid-19.

Kementerian Keuangan mencatat total penerimaan perpajakan sepanjang semester I 2020 baru mencapai Rp624,9 triliun atau 44,5 persen dari target. Jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, posisi penerimaan pajak terkontraksi atau minus 9,4 persen.

Penerimaan perpajakan sendiri terdiri dari pajak dan bea cukai yang terkumpul masing-masing sebesar Rp531,7 triliun dan Rp93,2 triliun. Dari sisi pertumbuhannya, pajak mengalami kontraksi 12 persen, sementara penerimaan bea dan cukai masih tumbuh 8,8 persen.

Related

News 2677791661777518131

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item