Survei: Ridwan Kamil Dianggap Kepala Daerah Terbaik dalam Tangani Corona

Survei: Ridwan Kamil Dianggap Kepala Daerah Terbaik dalam Tangani Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dianggap sebagai kepala daerah dengan kinerja terbaik dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19) versi survei Charta Politika Indonesia.

Dalam survei ini, sebanyak 15,6 persen dari total 2.000 responden menilai Kang Emil—sapaan Ridwan—punya kinerja terbaik dalam menangani pandemi Covid-19. Di bawah Emil, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,4 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,8 persen.

"Kita uji juga, by perception, berdasarkan persepsi responden siapa kepala daerah dengan kinerja terbaik. Nomor satu Ridwan Kamil, dua Ganjar Pranowo, lalu Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis survei yang dilakukan virtual.

Yunarto menyebut tiga nama itu menguasai hasil survei. Sebab kepala daerah lain memiliki presentase yang jauh lebih rendah.

Dia menyebut ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa (5,1 persen), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (2,2 persen), Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (1,3 persen), dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (1,0 persen).

Kemudian ada Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany (1,0 persen), Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (1,0 persen), dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (1,0 persen). Sementara nama lainnya berada di bawah satu persen.

Jika dilihat dari tren elektabilitasnya, Ganjar dan Ridwan Kamil mengalami kenaikan paling besar dalam tiga bulan terakhir.

Elektabilitas Ganjar tercatat 13,3 persen pada Mei dan 15,9 persen bulan lalu. Sementara Ridwan Kamil memperoleh 7,2 persen pada Mei dan 10,0 persen pada Juni.

"Untuk Ganjar dan Ridwan Kamil, tampaknya penanganan Covid-19 jadi panggung besar buat mereka menaikkan elektabilitas," ujar Yunarto," ujar Yunarto.

Survei ini dilakukan Charta Politika pada 6-12 Juli 2020. Survei dilakukan melalui telepon terhadap 2.000 orang responden. Margin of error dari survei ini kurang lebih 2,19 persen dengan pengecekan ulang terhadap 20 persen dari total responden.

Adapun daftar kepala daerah berprestasi ini berbeda dengan versi Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Pada Rabu (15/7), Jokowi menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah terbaik dalam penanganan covid-19. Lalu disusul Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

"Dalam penanganan covid-19, ini dari seluruh parameter yang kita miliki memang DIY yang paling baik. Ini dengan parameter-parameter yang dimiliki oleh gugus tugas pusat," ujar Jokowi tanpa menjelaskan rinci parameter dari Gugus Tugas Covid-19 di Istana Kepresidenan, Bogor.

Related

News 2138393302317982772

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item