Wow, Tim Ilmuwan di Israel Ciptakan Transistor Terkecil di Dunia

Wow, Tim Ilmuwan di Israel Ciptakan Transistor Terkecil di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tim peneliti di Universitas Yahudi Yerusalem, Israel, mengembangkan transistor terkecil di dunia, berukuran satu atom. Transistor adalah sebuah komponen listrik yang dibuat dari material semikonduktor dan digunakan untuk aplikasi yang sangat luas dalam industri elektronik.

Komponen ini menjadi sangat kecil, memungkinkan ratusan juta komponen itu termuat dalam satu chip. "Ini mengantar kekuatan komputasi sangat besar bersama kontrol informasi yang lebih cepat," bunyi keterangan yang diberikan universitas itu.

Memuat hasil studinya di jurnal Nature Communications, tim peneliti Israel itu membuat konduksi listrik di transistor barunya itu sedemikian sehingga komponen ini sekalipun sangat kecil tak terlalu rentan terhadap lingkungannya.

Untuk menciptakan transistor tersebut, tim peneliti Israel itu menggunakan sebuah metode yang memungkinkan mereka mengupas sebuah lapisan material seukuran tebal atom tunggal. Mereka menumpuk beberapa lapisan material itu.

Dengan begitu, mereka membuat sebuah perangkat listrik di pusat sebuah lapisan yang sangat tipis, yang hanya berukuran tebal dua nanometer, dari sebuah material insulasi.

Pada sisi-sisi insulator itu mereka menempatkan material grafit dan grafin. Lewat pengukuran listrik, mereka menemukan arus mengalir di antara keduanya.

Related

Technology 1246284133974772633

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item