Hati-hati, iPhone ternyata Bisa Ambil Foto dan Video Tanpa Seizin Pemiliknya

Hati-hati, iPhone ternyata Bisa Ambil Foto dan Video Tanpa Seizin Pemiliknya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Waspadalah ketika sebuah app random meminta izin mengakses kamera ponselmu. Itu bukan bug!

Setiap kalian memberikan izin sebuah aplikasi di iPhone mengakses kamera ponsel, app tersebut bisa diam-diam mengambil foto dan videomu! Terutama selama app tersebut sedang aktif. Demikian peringatan peneliti teknologi dan keamanan digital pekan ini.

Felix Krause, yang baru-baru ini memperingatkan bahaya popups kata sandi iPhone yang jahat, mengunggah postingan blog yang dimaksudkan sebagai iklan layanan masyarakat buat pengguna iPhone. Keanehan ini bukanlah sebuah bug, tapi sesuatu yang disengaja.

Gara-gara popups itu, biarpun kamera tidak dalam kondisi "open" di viewfinder layar, sebuah app tetap bisa mengambil foto dan video tanpa sepengetahuan kalian. Tidak diketahui berapa banyak app yang bisa melakukan ini, tapi Krause menciptakan sebuah app khusus demi menguji teorinya.

Fenomena inilah yang menyebabkan beberapa app "mata-mata" seperti Stealth Cam dan Easy Calc - Camera Eye muncul di pasaran. Walau penyimpangan ini sudah disadari oleh banyak pengembang iOS dan pengguna kawakan Apple, perlu diingat bahwa semua app yang meminta izin penggunaan kamera secara teknis bisa mengambil foto tanpa izin dengan cara serupa.

"Pengambilan foto tanpa izin tidak banyak diketahui konsumen, karena orang mengira kamera hanya aktif apabila mereka sedang melihat kontennya atau LED-nya menyala," kata Krause saat dihubungi Motherboard. Krause saat ini bekerja untuk Google, tapi melakukan penelitian iPhone secara independen.

Yang lebih parah, tidak seperti komputer MacBook—yang menunjukkan lampu hijau menyala ketika kamera sedang aktif—iPhone tidak memiliki mekanisme serupa untuk menunjukkan ke pengguna bahwa kamera sedang menyala.

"App bisa mendapatkan akses penuh ke kedua kamera tanpa memberitahu si pengguna," ungkap Krause.

Untuk menguji teorinya, Krause menciptakan sebuah app kustom bernama "watch.user". Dia menyuruh pengguna menginstall app ini di iPhone. Ternyata memang benar, app ini mengambil foto pengguna ketika sedang ngescroll HP. App tersebut bahkan sanggup menggunakan fitur pengenalan wajah tersembunyi tanpa perintah sama sekali.

App buatan Krause tidak mengunggah foto kemana pun, tidak juga menyimpannya di app Photo di ponsel, tapi kita tidak bisa menghentikan sebuah app mengambil foto dan mengunggahnya entah kemana tanpa kita sadari.

Ingat, ini bukan bug atau sesuatu yang perlu kamu terlalu khawatirkan. Tapi baik rasanya untuk sadar seberapa banyak kekuasaan yang kamu berikan ke sebuah app untuk mengambil fotomu dan mengunggahnya entah kemana tanpa kamu sadari.

Related

Smartphone 2055530223827975373

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item