Panas! Uni Eropa Kirim Peringatan ke Turki, Prancis Siapkan Kapal Perang

Panas! Uni Eropa Kirim Peringatan ke Turki, Prancis Siapkan Kapal Perang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Hubungan antara Turki dan Uni Eropa memanas. Eksplorasi migas yang dilakukan negeri Presiden Turki Erdogan di Laut Mediteranian mengundang kecaman Eropa.

Uni Eropa menegur Turki soal keberadaan kapal bor Yavuz di lepas pantai Siprus yang merupakan area sengketa. Turki mengatakan Yavuz akan beroperasi hingga pertengahan September.

Yavuz akan ditemani tiga kapal militer Turki. Ditulis Reuters, kapal lainnya sudah diminta tidak memasuki area tersebut.

"Rencana pengeboran Turki mencakup zona yang digambarkan oleh Siprus dan Mesir, meningkatkan ketegangan," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dikutip media itu.

"Tindakan ini melawan dan merusak upaya untuk melanjutkan dialog dan negosiasi, dan untuk mengejar de-eskalasi segera."

Kairo dan Athena menandatangani kesepakatan zonasi teritorial awal bulan ini. Sementara Paris turun tangan dan menyebut Turki memprovokasi.

Meski begitu Presiden Erdogan mengatakan pada hari Sabtu "bahasa sanksi dan ancaman" tidak akan menghalangi Turki. Negeri tersebut akan maju terus.

Kebuntutan memang telah terjadi antara Turki dan Yunani, anggota Uni Eropa atas hak eskplorasi minyak dan gas di laut itu. Bahkan keduanya sempat terlibat tabrakan kecil pekan lalu.

Turki sebelumnya telah diperingatkan soal masuknya kapal Oruc Reis beserta militer negara itu ke perairan Mediterania guna mencari gas alam. Oruc Reis dikirim sejak Senin pekan lalu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut dan meminta Turki untuk menghentikan pekerjaan eksplorasinya. Pasukan Prancis dan Yunani juga telah mengadakan latihan militer antisipasi konfrontasi.

Related

News 2942086373459879782

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item