Penting, Ini Tips Agar Anda Tidak Menularkan Covid-19 Pada Anak Tanpa Sengaja

Penting, Ini Tips Agar Anda Tidak Menularkan Covid-19 Pada Anak Tanpa Sengaja, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tahukah Anda bahwa kebanyakan anak yang terkena covid-19 mendapatkan virus dari orang dewasa. Untuk itu, Anda sebagai orang dewasa perlu mengetahui beberapa hal agar meminimalisir penularan tersebut.

Menurut dr. Yogi Prawira, Sp.A(K), Konsultan Emergenis dan Rawat Intensif Anak FKUI-RSCM dan Ketua Satgas Covid-19 IDAI, sebanyak 90 persen anak yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan virus itu dari orang dewasa.

“Sampai pada minggu lalu sekitar 8.000 anak yang terkonfirmasi. Setelah ditelusuri, index case-nya, artinya 90 persen anak (terkena covid-19) tertular dari orang dewasa yang tinggal serumah,” jelas dr. Yogi dalam Live di Instagram.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penularannya setiap Anda sampai rumah seperti berikut ini:

Membersihkan diri

Kesadaran akan bahaya covid-19 bisa ditunjukkan dari sikap kita sendiri. Seperti membersihkan diri usai melakukan perjalanan atau keluar rumah. Meski hanya pergi ke kantor yang notabene-nya adalah kegiatan rutin sehari-hari.

"Pada saat kembali, misalnya saya sendiri habis dari rumah sakit. Pastikan saya disiplin mengerjakan itu semua (memakai masker, cuci tangan, jaga jarak ininimal 1,8 meter). Kemudian setelah selesai berkontakan dengan pasien Covid atau suspek, saya akan mandi,” ujar dr. Yogi.

Meninggalkan atau menempatkan barang tertentu

Lihatlah barang-barang yang kemungkinan banyak Anda pegang sewaktu di luar. Tinggalkan atau simpanlah barang itu di tempat yang aman.

“Baju yang saya pakai itu saya tinggalkan di rumah sakit. Jadi saya datang ke rumah dengan pakaian berbeda,” jelasnya.

“Dan benda-benda yang seringkali kita tidak sadar pegang, jadi tempat virus ada misalnya handphone, bollpoint, kartu akses, sepatu, saya tinggalkan di depan rumah,” lanjutnya.

Disinfektan barang

Sekiranya melakukan perjalanan dari luar, ada baiknya untuk melakukan pembersihan terhadap barang-barang yang Anda gunakan. Seperti handphone atau sepatu.

Related

Tips 3287724879445828870

Recent

item