Perlu Tahu, Ini 6 Fakta BLT untuk Pekerja Bergaji di Bawah 5 Juta

Perlu Tahu, Ini 6 Fakta BLT untuk Pekerja Bergaji di Bawah 5 Juta, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapat bantuan langsung tunai dari pemerintah. Bantuan tersebut adalah bagian dari stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional dalam menanggulangi dampak Covid-19.

Berikut enam fakta mengenai BLT bagi pekerja:

Pemerintah anggarkan Rp 31 T

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebanyak 13,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapatkan BLT. Pemerintah kata dia, akan mengalokasikan anggaran untuk 13,8 juta pekerja mencapai Rp 31 triliun.

Diberikan langsung ke rekening pekerja

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengatakan BLT Pekerja yang bakal diberikan kepada para pekerja akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja. Mekanisme tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan dalam penyalurannya.

Diberikan ke pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Erick menjelaskan bantuan langsung tunai pekerja  akan berfokus kepada 13,8 juta pekerja non PNS dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000 per bulan. "Atau setara dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Agustus 2020.

Program masih digodok

Saat ini, program tersebut masih digodok oleh pemerintah mengenai rincian pelaksanaannya.

"Program stimulus ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di bulan September 2020 ini," ujar Erick.

Tiap pekerja dapat Rp 2,4 juta

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu memastikan bahwa insentif itu akan disalurkan besarannya adalah Rp 2,4 juta per orang. Namun, saat ini pemerintah masih mengkaji metode penyalurannya.

"Apakah nanti dibayarnya sekali atau berapa kali pembayaran itu sedang kita finalisasi," ujar dia dalam konferensi video.

Untuk memperkuat daya beli

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan adanya pemberian stimulus baru berupa penyaluran bantuan sosial atau bansos kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta untuk memperkuat daya beli.

"Dukungan untuk mereka yang bekerja sedang dimatangkan datanya, sedang disiapkan baik dari BPJS Ketenagakerjaan. Kalau data sudah by name, by address, sesuai rekening sudah ketemu baru program ini difinalisasi," kata Airlangga di Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020.

Airlangga menjelaskan program stimulus ini akan melengkapi program kartu prakerja yang sudah diluncurkan untuk membantu 2,1 juta pekerja yang telah terdampak oleh pemutusan hubungan kerja (PHK).

Related

News 8610541507871586000

Recent

item