PKS Minta Jokowi Hentikan Bicara Ancaman Gelombang Kedua Corona

PKS Minta Jokowi Hentikan Bicara Ancaman Gelombang Kedua Corona,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Sukamta meminta Presiden Joko Widodo tidak berbicara soal gelombang kedua pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, pemerintah seharusnya fokus menangani pandemi Covid-19 yang kasus penyebarannya masih terus bertambah setiap hari.

"Saya heran Pak Presiden mengatakan soal ancaman gelombang kedua. Ini bisikan dari tim ahli yang mana, mengingat banyak ahli epidemiologi mengatakan di Indonesia hingga saat ini belum selesai alami fase gelombang pertama. Bahkan, Presiden mengatakan tidak tahu kenapa masyarakat makin khawatir dengan Covid-19," kata Sukamta.

Ia menilai langkah membicarakan wacana gelombang kedua Covid-19 akan membuat bingung dan lengah masyarakat dalam menghadapi bahaya Covid-19. Wacana ancaman gelombang kedua ini, menurutnya, juga mengesankan bahwa Indonesia sudah berhasil menyelesaikan masalah penyebaran Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020.

Sukamta pun mengingatkan pemerintah bahwa penanganan Covid-19 yang tidak kunjung tuntas akan menambah dampak sosial ekonomi yang lebih berat di tengah masyarakat.

"Sampai saat ini, setiap hari terus meningkat jumlah kasus positif, jumlah korban meninggal juga terus bertambah. Saya kira, lebih baik Presiden dan jajarannya melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang dibentuk belum lama ini fokus untuk segera atasi pandemi dan kita berharap tidak terjadi gelombang kedua di Indonesia," ujar Sukamta.

Lebih lanjut, dia meminta pemerintah segera memperjelas desain utama penangangan Covid-19 yang hingga kini tidak pernah disampaikan ke publik secara publik.

Sukamta juga mempertanyakan penyebab jumlah tes usap (PCR) yang dilakukan hingga masih di bawah angka standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Hingga hari ini baru beberapa kali jumlah PCR bisa lebih dari 30 ribu sebagaimana dicanangkan Presiden. Sementara WHO menyebutkan setidaknya perlu 54 ribu tes setiap hari di Indonesia sebagai standar minimum," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi Presiden mengingatkan jangan sampai kasus gelombang kedua atau second wave penyebaran virus corona (Covid-19) terjadi di Indonesia. Hal itu ia katakan saat berkunjung ke Kantor Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta.

"Dan perlu saya ingatkan jangan sampai terjadi gelombang kedua second wave, jangan sampai terjadi lonjakan. Ini yang ingin saya ingatkan ke kita semuanya," kata Jokowi.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia secara kumulatif mencapai 113.134 orang. Data tersebut diakses dari situs covid19.go.id.

Dari jumlah kasus positif tersebut, sebanyak 70.237 dinyatakan sembuh dan 5.302 orang lainnya meninggal dunia.

Terjadi pertambahan 1.679 orang positif virus corona dari data kemarin. Sementara itu untuk yang sembuh saat ini 62,1 persen dari total positif, dan meninggal 4,7 persen dari total positif secara nasional.

Related

News 3785914791826026453

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item