Satgas Covid-19: Remaja Menjadi Sumber Penularan Corona Tertinggi

Satgas Covid-19: Remaja Menjadi Sumber Penularan Corona Tertinggi,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat kelompok remaja usia 20 hingga 30 tahun menjadi sumber penularan virus corona (Covid-19) tertinggi di Indonesia.

Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah menuturkan meski kelompok lanjut usia di atas 60 tahun tahun menjadi yang paling rentan terinfeksi, sumber penularan umumnya banyak berasal dari kelompok usia remaja.

"Jadi memang lagi-lagi, usia produktif ini yang memang bisa menularkan dan paling banyak tinggi menularkan. Walaupun tadi ketika mereka tertular, bisa jadi mereka sembuh, tidak bergejala," kata Dewi di Graha BNPB.

Dewi menuturkan, dalam banyak kasus, mereka yang berada di usia produktif umumnya memang sering lengah lantaran kerap masuk kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG). Padahal, mereka menjadi menjadi kelompok paling berisiko menjadi sumber penularan

"Ini yang harus kita hati-hati, kadang kita suka lupa, saya kan sehat-sehat aja. Tapi kita bisa mengundang bencana untuk orang lain. Untuk orang-orang yang kita sayang atau untuk keluarga kita," katanya.

Sementara, Dewi mengungkapkan, setidaknya ada lima kelompok paling rentan terinfeksi Covid-19. Mereka umumnya adalah kelompok lanjut usia di atas 60 tahun dan memiliki penyakit bawaan.

Ia mengatakan, kelompok paling rentan pertama yakni seseorang di usia lebih dari 60 tahun dengan persentase kematian hingga 16 persen. Artinya kata Dewi, 16 dari 100 orang di usia tersebut meninggal akibat Covid-19.

Berikutnya, kelompok yang rentan terinfeksi adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, misalnya pengidap HIV/AIDS atau auto imun. Selanjutnya, kelompok yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), misalnya memiliki penyakit ginjal, jantung, hipertensi, dan sebagainya.

Lalu, ada kelompok dengan berat badan berlebih atau obesitas yang akan rentan terinfeksi Covid-19, dan terakhir adalah kelompok ibu hamil.

Sementara jika dikelompokkan berdasarkan usia, kelompok di usia di atas 60 tahun, menjadi kelompok paling rentan. Disusul, kelompok usia 46-59 dengan persentase 7,64 persen. Kelompok tersebut, ujar Dewi bahkan lebih tinggi dari kelompok lansia dari aspek kerentanan.

"Kita memang harus hati-hati terhadap kelompok rentan ini. Kita jalan-jalan, ke mana-mana, tapi ketika kita pulang ketemu ayah ibu kita, kakek nenek kita, yang kondisinya tidak sesehat kita yang muda," katanya.

Sementara mengutip laporan harian Tim Satgas Covid-19, kasus positif di Indonesia saat ini mencapai mencapai 113.134 orang atau bertambah 1.679 kasus dari hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70.237 dinyatakan sembuh dan 5.302 orang lainnya meninggal dunia.

Related

News 4197099225414420513

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item