Survai 10 Besar Menteri Tebaik: Prabowo di Posisi Pertama, Terawan di Posisi Terakhir

Survai 10 Besar Menteri Tebaik: Prabowo di Posisi Pertama, Terawan di Posisi Terakhir, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Lembaga survei Akurat Poll menyatakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto masuk dalam 10 besar menteri di Kabinet Indonesia Maju dengan kinerja terbaik meskipun, responden menyebut ada enam masalah besar penanganan Covid-19.

Survei tersebut dilakukan kepada 1.210 responden di 34 provinsi menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling. Margin of error atau toleransi kesalahannya sekitar 2,8 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 15-24 Juli.

Akurat Poll sendiri diketahui belum masuk daftar lembaga survei yang diakui oleh Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi).

Dalam survei itu, nama Terawan berada di urutan 10 dengan skor survei 6,02. Pada urutan pertama, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan skor kinerja tertinggi 6,57. Kemudian disusul oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 6,44, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan skor 6,25.

Di posisi selanjutnya, disusul oleh Menteri BUMN Erick Thohir (skor 6,24), Menko Polhukam Mahfud MD (skor 6,22), Mendikbud Nadiem Makarim (skor 6,21) dan Kapolri Jendral Idham Aziz (skor 6,16). Selanjutnya disusul oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (skor 6,13) dan Menlu Retno Marsudi (skor 6,09).

Di sisi lain, Direktur Akurat Poll, Adlan Nawawi, mengatakan mayoritas responden (43,5 persen) menilai penanganan Covid-19 memandang sebagai masalah utama nasional, di atas masalah ketimpangan ekonomi (40,5 persen). Dalam penanganan pandemi, Pemerintah dinilai cukup baik.

Terlepas dari itu, survei menemukan bahwa terdapat 6 kelemahan pemerintah dalam menangani Virus Corona, yang merupakan bidang tugas Kemenkes."Kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19 dipersepsi cukup baik, dengan skor kinerja 6,74," katanya.

Pertama, pemerintah lambat mengambil tindakan pada masa awal pandemi. Persoalan tersebut menjadi yang paling banyak dikeluhkan oleh responden (32,4 persen).

Kedua, pemerintah kurang tegas dalam menindak pelaku pelanggaran aturan PSBB atau standar Covid 19 (15,1 persen). Ketiga, lambat menyebarluaskan informasi (11,9 persen).

Keempat, kelemahan dalam hal perbedaan sikap dan kebijakan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (11 persen). Kelima, kurang memperhatikan kesiapan rumah sakit dan tim medis (7,6 persen). Keenam, lambat menangani pasien Covid-19 (6,3 persen).

Dalam survei lainnya, yakni survei Charta Politica pada 6-12 Juli, nama Terawan bahkan tak masuk 12 nama menteri berkinerja terbaik. Meski demikian, survei ini menobatkan Terawan sebagai menteri paling populer di Kabinet Indonesia Maju.

Diketahui, Terawan sempat diguncang isu reshuffle karena disindir oleh Jokowi dalam rapat kabinet terkait penyaluran anggaran kesehatan yang buruk selama pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut Terawan menjadi menteri yang paling banyak didengar dan dilihat publik karena penanganan pandemi Virus Corona.

Related

News 9143101480208568670

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item