Ternyata Ini Penyebab Merpati Bisa Pergi dan Pulang Tanpa Tersesat

Ternyata Ini Penyebab Merpati Bisa Pergi dan Pulang Tanpa Tersesat,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebelumnya, bagaimana merpati bisa menentukan letak rumahnya, sehingga bisa pergi dan pulang tanpa tersesat, masih menjadi teka teki. Di antara penjelasan yang mungkin, yang paling banyak dipercaya adalah keberadaan indera penciuman yang sangat tajam, dan kemampuan merasakan medan magnet.

Penelitian mutakhir yang telah dilakukan membuktikan teori itu, bahwa merpati menggunakan medan magnet bumi untuk memandu arah terbang mereka.

Cordula Mora, pakar biologi di Universitas North Carolina di Chapel Hill, melalui penelitiannya, membuktikan bahwa merpati benar-benar memiliki kemampuan merasakan medan magnet.

Pada paruh merpati terdapat butiran-butiran magnet yang merupakan pusat pengindera magnetik burung tersebut. Karena itu, meski pembedahan pernah dilakukan untuk menghilangkan indera penciumannya, merpati masih bisa mengindera keberadaan medan magnet bumi untuk memandu arah terbangnya.

Ketika terbang, burung-burung yang bermigrasi memanfaatkan benda-benda yang dapat dilihatnya, seperti matahari, bulan, bintang, serta mampu merekam bagian-bagian permukaan bumi yang memiliki ciri khusus dalam otaknya.

Sekarang, dengan kemampuan merpati, medan magnet bumi masuk ke dalam daftar benda-benda yang digunakan burung dalam bermigrasi.

Related

Science 2944253907039507144

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item