Terpukul Keras oleh Corona dan Resesi, Omzet UMKM Anjlok 75 Persen

Terpukul Keras oleh Corona dan Resesi, Omzet UMKM Anjlok 75 Persen naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi menyebut pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi kelompok yang terpukul paling keras akibat pandemi virus corona. Sejak covid-19 masuk RI pada Maret lalu hingga awal Agustus, tercatat omzet UMKM anjlok sebesar 75 persen.

Dewi menyebut berdasarkan survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebanyak 95 persen dari total pelaku UMKM mengaku penjualan menurun.

"Diketahui ada penurunan omzet UMKM, dari hasil survei LIPI, selama pandemi 95 persen usaha mengalami penurunan penjualan," ungkapnya lewat video conference.

Melansir data Kementerian Koperasi dan UKM, Dewi menuturkan sebanyak 37 ribu pelaku UMKM mengaku mengalami dampak sangat serius. Selain itu, sekitar 56 persen melaporkan penurunan penjualan dan 22 persen melaporkan permasalahan aspek pembiayaan.?

Lebih lanjut, 15 persen di antaranya melaporkan mengalami masalah distribusi barang dan 4 persen teridentifikasi kesulitan mendapatkan bahan baku mentah.

Data tersebut, menurut Dewi, seharusnya menjadi gambaran sekaligus alarm untuk pemerintah. Pasalnya, lebih dari 90 persen tenaga kerja diserap oleh pelaku usaha kecil dan menengah.?

Jika berlarut, ia menyebut sebanyak 85 persen usaha hanya dapat bertahan paling lama satu tahun sejak pandemi.

Oleh karena itu, ia menyebut penyaluran bantuan pemerintah harus diberikan secepatnya. Salah satu fasilitas yang paling dibutuhkan adalah penundaan pembayaran utang untuk menjaga likuiditas keuangan pelaku UMKM serta pemberian bantuan sosial.

Selain itu, penanganan pandemi yang cepat, tegas, dan tepat dinilainya menjadi kunci untuk mengembalikan geliat pelaku usaha kecil dan menengah.

"Laba menurun secara signifikan akibat biaya produksi tetap sementara produksi menurun, persepsi jika pandemi tidak segera berakhir, maka 85 persen usaha mengaku dapat bertahan paling lama satu tahun sejak pandemi," katanya.

Related

News 773173254089905108

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item