27 Orang Kena Corona di Kafe, Tapi Tak Satu pun Staf Tertular. Kok Bisa?

27 Orang Kena Corona di Kafe, Tapi Tak Satu pun Staf Tertular. Kok Bisa?

Naviri Magazine - Sebuah kedai kopi diketahui menjadi klaster penyebaran Corona di Korea Selatan. Sebanyak 27 orang dilaporkan terinfeksi Corona dari seorang pelanggan kedai kopi di daerah Paju, Gyeonggi, Korsel. Meski demikian, tidak ada satupun karyawan di kedai kopi itu yang terinfeksi.

Dikutip dari media lokal Korsel, Chosun, otoritas kesehatan menduga AC di kedai kopi tersebut menjadi jalur penularan virus Corona. Dalam penelusuran kontak, diduga seseorang yang duduk di bawah AC diduga telah menginfeksi orang lain melalui transmisi aerosol.

Hyun-jun Yoo, profesor arsitektur di Universitas Hongik, berkata, "AC tipe langit-langit lebih rentan terhadap polusi dalam ruangan karena mendinginkan udara hanya dengan mengedarkan udara dalam tanpa menarik udara luar," katanya.

Udara yang keluar dari AC dapat meningkatkan jangkauan paparan droplet. Sebuah tim peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Guangzhou, China yang menganalisis rute infeksi dari 10 pasien COVID-19 yang makan di sebuah restoran di Guangzhou, China pada bulan Januari dan Februari, mengatakan sangat mungkin bahwa angin kencang dari AC membawa droplet.

Tapi ada juga kemungkinan infeksi melalui kontak tidak langsung. Risiko penularan bisa terjadi saat orang yang terinfeksi itu menyebarkan virus lewat pegangan pintu kamar mandi atau pegangan tangga dan pelanggan lain menyentuhnya lalu mereka memegang wajahnya.

Lantas, mengapa tak ada satu pun karyawan di kedai kopi itu yang tertular?

Pada saat itu diketahui empat karyawan toko yang sedang berada dalam satu ruangan dengan seseorang yang terinfeksi, memakai masker dan sarung tangan. Bahkan kedai kopi itu juga mendistribusikan masker KF94 dan sarung tangan sanitasi kepada setiap pekerja di toko dan memakainya selama jam kerja.

"Jika Anda memakai masker, jumlah bakteri yang masuk ke mulut akan berkurang," tutur ahli infeksi di Sekolah Kedokteran Universitas Korea, Kim Woo Joo.

Related

News 1050571043829116966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item