Cek Fakta: Benarkah MUI Cantumkan Label Halal pada Asbak Rokok?

Cek Fakta: Benarkah MUI Cantumkan Label Halal pada Asbak Rokok?

Naviri Magazine - Beredar kabar yang menyebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) mencantumkan logo halal pada asbak rokok. Informasi itu menyebar di media sosial.

Adalah akun Facebook Denny Loh membagikan informasi itu dengan mengunggah foto asbak berlabel halal pada Rabu, 23 September 2020. Pada foto yang diunggah, terdapat narasi bertuliskan, "Merokoknya HARAM tapi asbaknya HALAL. Apalagi kalau dimakannya pakai sambal kecap. Lezat sekali".

Pula, pemilik akun juga menambahkan keterangan pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:

"Nah Kerjaan Mafia Ulama Indonesia (MUI) ini ada² aja. Bikin malu agama islam.. nyari duit sampe segini amat ya ???gw tunggu label halal pada topi santa loh brayy.."

Cek Fakta: Benarkah MUI Cantumkan Label Halal pada Asbak Rokok?

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa MUI memberikan lebel halal pada asbak rokok adalah salah. Klaim itu telah dibantah oleh pihak MUI.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh menjelaskan pihaknya tidak pernah memberikan fatwa halal untuk asbak tersebut. Asrorum bilang, informasi yang beredar tersebut hoaks.

"Hoaks," kata Asrorun.

Hal serupa diungkapkan Direktur Eksekutif Lembaga Advokasi Halal atau Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah memandang, untuk asbak tidak diperlukan sertifikasi halal. "Itu mungkin untuk daya tarik, sebetulnya asbak tidak perlu sertifikasi halal rokok yang diwadahi asbak saja tidak bisa menjadi halal," tuturnya.

Penelusuran:

Klaim bahwa MUI memberikan lebel halal pada asbak adalah salah. Hal itu telah dibantah oleh pihak MUI.

Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Related

News 5254138910264654084

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item