Gamma-Ray Bursts, Bencana Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi di Bumi

Gamma-Ray Bursts, Bencana Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi di Bumi

Naviri Magazine - Manusia akan lenyap dari muka Bumi seandainya Gamma-Ray Bursts terjadi sekarang. Peristiwa ini bukan bencana biasa. Dan pemicunya ialah ledakan supernova bintang raksasa.

Ledakan ini membuat sinar gamma memancar ke seluruh penjuru alam semesta. Kekuatannya diperkirakan sama dengan yang dipancarkan matahari selama sepuluh ribu tahun. Hal yang paling mengerikan yaitu pancaran sinar ini hanya berlangsung sepersekian milidetik hingga satu menit saja!

Namun dampak yang diakibatkannya tidak main-main, yakni kiamat bagi penghuni Bumi. Kepunahan masal invertebrata pada Periode Ordovician disebabkan bencana dahsyat ini. Padahal di masa itu, invertebrata adalah makhluk hidup yang paling dominan di Bumi.

Diperkirakan, enam puluh persen invertebrata laut musnah, dan yang tinggal di darat terbakar akibat paparan sinar ultraviolet. Namun kengerian ini tidak berhenti sampai di sini. Bencana kelaparan akibat rusaknya rantai makanan menunggu siapa pun yang berhasil selamat. Benar-benar sebuah ‘kiamat’!

Eleonora Troja, asisten riset di Departemen Astronomi Universitas Maryland, memiliki penjelasan yang lebih mudah untuk menggambarkan kedahsyatan ledakan supernova tersebut.

“Jika ledakan di alam semesta dinilai berdasarkan kekuatannya, maka ledakan sinar gamma ini berada di posisi kedua, tepat di belakang Big Bang,” katanya, seperti dikutip dari Science Daily.

Related

Science 6148855854011581203

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item