Ini 7 Bangunan Hebat dan Menakjubkan yang Pernah Diimpikan Manusia

Ini 7 Bangunan Hebat dan Menakjubkan yang Pernah Diimpikan Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sepanjang peradaban, manusia membangun berbagai bangunan yang megah, hebat, dan menakjubkan. Dari Piramida sampai berbagai struktur batu lainnya, bangunan-bangunan itu menjadi monumen abadi yang dikenang sebagai tanda sejarah dan peradaban.

Di zaman modern, kecenderungan semacam itu tetap ada. Di berbagai tempat, ada orang-orang yang membayangkan bisa membangun suatu bangunan hebat dan menakjubkan. Sayangnya, impian itu kadang tersandung oleh hal-hal lain, hingga tidak bisa dibuat. Tujuh berikut ini di antaranya.

Beacon of Progress Designed Around 1891 for Chicago Illinois

Rencananya adalah sebuah menara batu setinggi 457 meter di Jackson Park, Chicago. Desain yang memenangkan penghargaan ini dikemukakan oleh Professor MIT, Désiré Despradelle, seorang Prancis. Dengan lebih banyak dukungan dana, bangunan ini bisa jadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia saat itu.

Ville Contemporaine Designed in 1922 for Paris France

The Ville Contemporaine tadinya hendak dijadikan tempat tinggal bagi 3 juta penduduk. Villa ini dikemukakan oleh arsitek Swiss-Prancis, Le Corbusier.

Bagian tengah bangunan ini direncanakan menjadi sekelompok pencakar langit 60 tingkat yang dibangun dengan logam baja, dan diselubungi dinding kaca. Digunakan untuk kantor dan apartemen. Tidak jelas mengapa proyek ini dihentikan.

Tatlin’s Tower Designed Around 1917 for St. Petersburg Russia

Tatlin’s Tower, kalau jadi dibangun, akan membuat Eiffel Tower terkesan mini. Rencananya, bangunan ini terbuat dari besi, kaca, dan baja. Menara ini tadinya akan dijadikan simbol modernitas. Bentuk utama menara ini adalah twin helix yang naik secara spiral sampai tinggi 400 m, dimana orang-orang bisa ditransportasikan ke atas, melalui jalur itu.

Shimizu Mega-City Pyramid Designed in 2004 for Tokyo Japan

The Shimizu Mega-City Pyramid adalah sebuah piramida buatan raksasa di Tokyo Bay, Jepang. Struktur itu 12 kali lebih tinggi dari Piramid Giza, dan mampu menampung 750.000 manusia. Itu akan menjadi bangunan manusia yang terbesar sepanjang sejarah. Piramida ini sebenarnya dibangun dengan 55 piramida yang lebih kecil dan saling tumpuk.

Masing-masing piramida kecil itu ukurannya sebanding dengan Luxor Hotel di Las Vegas. Alasan proyek ini tak bisa dibangun karena desain mega piramida ini tergantung pada material canggih yang ringan namun kuat, yang saat itu belum ada.

Volkshalle (The Great Dome) Designed Around 1930 for Berlin Germany

The Volkshalle (People’s Hall) adalah bangunan monumental yang direncanakan oleh Adolf Hitler dan arsiteknya, Albert Speer. Ia tadinya akan menjadi bangunan paling impresif dan penting di Berlin, sebagai tanda kehebatan Hitler. Untungnya, bangunan ini tidak jadi didirikan, karena perang.

Palace of Soviets Designed in 1933 for Moscow Soviet Union 

Jika Palace of Soviets jadi dibangun, ia akan menjadi struktur tertinggi di dunia. Konstruksi yang dipelopori oleh Boris Iofan’s ini sebenarnya sudah dimulai di tahun 1937, dan dihentikan karena invasi Jerman. Tahun 1942, bahan besinya digunakan untuk membuat jembatan.

Ultima Tower Designed in 1991 for San Francisco California 

Desain ini tampaknya sungguh tidak mungkin, tapi akan sangat keren jika bisa dibuat. Arsitek Eugene Tsui mendapat ide bangunan ini dari hasil belajarnya di San Fransisco.

Struktur ini akan menggunakan energi hasil konversi energi atmosferik, dengan cara mengubah energi yang dihasilkan. Perbedaan tekanan udara dari atas dan bawah bangunan ini akan menjadi energi listrik. Bangunan ini memiliki 500 lantai (2 mil tingginya) dan diharapkan menjadi tempat tinggal sekitar 1 juta penduduk.

Related

World's Fact 7844339106279128109

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item