Ini Rahasia Ekonomi Vietnam Tetap Tumbuh Positif di 2020, Meski Ada Wabah Corona

Ini Rahasia Ekonomi Vietnam Tetap Tumbuh Positif di 2020, Meski Ada Wabah Corona

Naviri Magazine - Pandemi virus corona (Covid-19) memang membuat ekonomi dunia terpukul, tidak terkecuali Vietnam. Meskipun begitu, perekonomian Vietnam masih tumbuh positif.

Kuartal pertama (Q1) tahun 2020, Vietnam mengalami pertumbuhan 3,8%. Sementara pada Q2 ada pertumbuhan positif meskipun kecil, yakni 0,4%.

Duta Besar RI untuk Vietnam, Ibnu Hadi mengatakan proyeksi Q3 dan Q4 Vietnam diprediksi akan berada pada angka 2%.

"Akhir 2020, proyeksi Vietnam untuk tumbuh tadinya 5% tapi sudah direvisi menjadi kemungkinan naiknya 2%-2,5%. Jadi tetap positif," kata Ibnu.

Ekonomi Vietnam sendiri, menurut Ibnu, cukup bergantung dengan ekspor internasional. Tetapi berkat pemerintah yang dengan cepat mengantisipasi, Vietnam masih mampu tumbuh secara positif.

"(Pemerintah) memfasilitasi bisnis-bisnis yang sifatnya ekspor untuk produk-produk tertentu, sehingga tetap bisa berjalan walaupun tetap berpengaruh akibat corona. Jadi memang dengan segala cara Vietnam mencoba agar ekonominya tetap bisa berjalan," imbuh Ibnu, menambahkan Vietnam gencar mendorong penjualan garmen, sepatu, hingga alat kesehatan.

Sementara industri pariwisata masih belum pulih. Dikatakan Ibnu banyak toko dan bisnis terkait pariwisata masih tutup, termasuk hotel dan lokasi wisata.

"Pariwisata di Vietnam itu cukup signifikan. Jumlah turis pada 2019 mencapai 18 juta orang, sehingga pendapatan dari pariwisata cukup besar. Dengan tidak adanya turis, industri pariwisata cukup terpukul. Tetapi untuk bisnis yang ada di sub-urban, tampaknya tidak terlihat adanya penutupan toko," tukasnya.

Vietnam kini tercatat memiliki 1.069 kasus positif, dengan 35 kematian, dan 999 pasien berhasil sembuh. Sementara kasus aktif yang berada di rumah sakit kini hanya ada 40 orang, dengan 26 kasus impor, dan 14 kasus berasal dari penyebaran lokal.

Related

News 143002577123914000

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item