Inilah 10 Keluarga Paling Kaya di Asia, Ada yang dari Indonesia (Bagian 1)

Inilah 10 Keluarga Paling Kaya di Asia, Ada yang dari Indonesia

Naviri Magazine - Per September 2020, 10 keluarga terkaya di seluruh Asia tercatat memiliki kekayaan bersih senilai US$ 250 miliar atau sekitar Rp 3.700 triliun (dalam kurs Rp 14.800).

Keluarga kaya ini berasal dari beberapa negara, mulai dari India, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Thailand. Bahkan salah satu keluarga terkaya ada yang berasal dari Indonesia.

Mengutip Business Insider, berikut ini daftar 10 keluarga terkaya di Asia yang dicatat Bloomberg Billionaire Index.

1. Keluarga Ambani dari India

Memimpin daftar keluarga terkaya di Asia, keluarga Ambani dari India memiliki kekayaan sebesar US$ 88,3 miliar atau sekitar Rp 1.300 triliun.

Kekayaan keluarga ini didapatkan dari usaha Mukesh Ambani, yang merupakan orang terkaya keenam di dunia. Dia memimpin perusahaan Reliance Industries, perusahaan minyak dan gas yang diwarisi dari ayahnya.

Mukesh memiliki saudara laki-laki, Anil Ambani, yang juga pernah menjadi seorang miliarder, tetapi sekarang terasing dan dilaporkan tidak punya uang. Sementara itu, anak-anak Mukesh Ambani semuanya terlibat dalam bisnis keluarga.

Kini seluruh keluarganya tinggal di gedung pencakar langit 27 lantai di Mumbai. Mereka dikenal hidup mewah, bahkan menyelenggarakan perayaan pernikahan dengan mengundang Beyonce sebagai penampil utama.

2. Keluarga Kwok dari Hong Kong

Selanjutnya ada keluarga Kwok yang menjadi raksasa pengembang real estate dari Hong Kong. Walter, Raymond, dan Thomas Kwok mewarisi perusahaan real-estate Sun Hung Kai Properties dari ayah mereka pada 1990-an. Total kekayaan keluarga Kwok sebesar US$ 27,93 miliar atau berkisar Rp 413 triliun.

Walter, saudara laki-laki tertua, dikeluarkan dari bisnis keluarga dan meninggal pada 2018 setelah terserang stroke. Dia mewariskan kekayaannya kepada putra-putranya, Jonathan dan Geoffrey. Kinerja Geoffrey pada perusahaan, berkontribusi besar terhadap harta milik keluarga Kwok.

Pasalnya, kini dua saudara Walter lainnya, Raymond dan Thomas pernah ditangkap pada tahun 2012 atas tuduhan suap. Raymond sudah dibebaskan, sementara Thomas masih menjalani hukuman lima tahun penjara.

3. Keluarga 'Samsung' Lee dari Korea Selatan

Keluarga Lee telah memimpin Samsung selama tiga generasi. Kini Jay Y. Lee, menjadi pewaris dan pemimpin raksasa teknologi tersebut. Keluarga Lee tercatat memiliki harta US$ 26,47 miliar atau sekitar Rp 391 triliun.

Hanya saja, Jay baru saja didakwa oleh jaksa Korea Selatan atas tuduhan manipulasi harga saham. Dia juga pernah dihukum karena sumpah palsu, penggelapan, dan penyuapan.

Kini Jay menjalani hukuman penjara lima tahun. Awal tahun ini, dia mengatakan tidak akan memberikan hak manajerial Samsung kepada kedua anaknya.

4. Keluarga Hartono dari Indonesia

Duet dua bersaudara Michael dan Budi Hartono mewarisi perusahaan rokok ternama di Indonesia, Djarum, dari ayah mereka. Dua bersaudara ini juga memimpin daftar orang terkaya di Indonesia.

Mereka juga berinvestasi di Bank Central Asia (BCA), yang merupakan bank terbesar di Indonesia. Kekayaan bersih mereka mencapai US$ 25,7 miliar atau sekitar Rp 380 triliun.

Michael dan Budi juga menggunakan kekayaan mereka untuk melakukan investasi pada sektor real estate, utamanya di Jakarta. Sementara itu, Michael juga dikenal sebagai atlet permainan kartu Bridge.

5. Keluarga Mistry dari India

Pallonji Mistry mewarisi kerajaan konstruksi dari kakeknya. Kini Pallonji menetap di Irlandia.

Dia dan keluarganya memiliki saham besar di Tata Sons, yang merupakan holding dari 30 perusahaan yang berbasis di India. Total harta keluarganya senilai US$ 22,6 miliar atau sekitar Rp 334 triliun.

Putra bungsu Pallonji, Cyrus, sebelumnya adalah ketua Tata Sons, tetapi dia digulingkan pada 2016. Sementara itu, putra tertuanya, Shapoorji, memiliki Eureka Forbes, merek pemurni air di India.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Keluarga Paling Kaya di Asia, Ada yang dari Indonesia (Bagian 2)

Related

News 3771307604450852301

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item