Mengenal Avigan, Obat 'Ajaib' yang Diklaim Mampu Kalahkan Covid-19

Mengenal Avigan, Obat 'Ajaib' yang Diklaim Mampu Kalahkan Covid-19

Naviri Magazine - Fujifilm Holding memberikan kabar baik bagi masyarakat dunia. Obat corona yang dikembangkannya, Avigan, manjur mempercepat kesembuhan pasien Covid-19.

Dalam uji klinis tahap akhir pada 156 pasien Covid-19, Avigan berhasil mempercepat waktu kesembuhan pasien dari Covid-19 menjadi 11,9 hari. Ini lebih cepat dari obat plasebo yang membutuhkan 14,7 hari untuk menyembuhkan.

FujiFilm mengatakan akan melakukan analisis lebih lanjut terhadap data uji klinis itu dan berusaha mendapatkan persetujuan penggunaan Avigan bagi pasien Covid-19 pada awal Oktober 2020.

Avigan dibuat pada 2014 oleh Fujifilm Toyama Chemical. Obat ini mendapat persetujuan otoritas Jepang dan dunia sebagai obat flu untuk penggunaan darurat.

Sebelumnya, FujiFilm gagal dalam uji klinis tahap awal di Jepang karena minimnya pasien Covid-19. Namun di China obat ini dicobakan ke pasien dan sembuh. FujiFilm tak terlibat dalam uji di China.

Dalam uji coba di China pada Maret lalu, 200 pasien Covid-19 di rumah sakit Wuhan dan Shenzen yang mengkonsumsi obat ini mendapatkan hasil test negatif dalam waktu 4 hari dan gejala pneumonia sangat berkurang.

"Sangat aman dan jelas efektif," kata Direktur Pusat Nasional China untuk Pengembangan Bioteknologi, Zhang Xinmin kala itu, seperti dikutip dari Nikkei Asian Review.

Related

Science 8123353463882515273

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item