Negara Kaya Sudah Kuasai Separuh Pasokan Vaksin Covid-19, Bagaimana Nasib Negara Miskin?

Negara Kaya Sudah Kuasai Separuh Pasokan Vaksin Covid-19, Bagaimana Nasib Negara Miskin?

Naviri Magazine - Sekelompok negara kaya yang mewakili 12% populasi dunia telah membeli lebih dari separuh dosis vaksin covid-19 yang akan dibuat. Hal itu dilansir Oxfam dalam sebuah laporan yang dilansir Rabu kemarin.

Organisasi itu menganalisa kesepakatan yang dicapai oleh perusahaan farmasi dan produsen untuk lima vaksin yang kini telah memasuki tahap akhir pengujian berdasarkan data yang dikoleksi perusahaan analisa Airfinity.

"Akses terhadap vaksin yang bisa menyelamatkan nyawa tidak seharusnya tergantung pada dimana Anda tinggal atau seberapa banyak uang yang Anda miliki," ujar Robert Silverman dari Oxfam America.

"Pengembangan vaksin yang aman dan efektif memang penting. Namun, tidak kalah penting adalah memastikan vaksin itu tersedia dan terjangkau bagi semua orang," imbuhnya.

Lima vaksin yang dianalisa adalah produksi AstraZeneca, Gamaleya/Sputinik, Moderna, Pfizer, dan Sinovac. Oxfam memperkirakan kapasitas produksi dari kelima vaksin itu adalah 5,9 miliar dosis, cukup untuk 3 miliar orang dengan catatan kelima vaksin itu harus diberikan dua dosis per orang.

Kesepakatan penjualan telah tercapai untuk sebanyak 5,3 miliar dosis dengan 2,7 miliar dosis (51%) dibeli oleh negara maju yang mencakup Amerika Serikat (AS), Inggris, Uni Eropa, Australia, Hong Kong, Makau, Jepang, Swiss, dan Israel.

Sisanya, sebanyak 2,6 dosis telah dibeli atau dijanjikan kepada negara berkembang yang mencakup India, Bangladesh, Tiongkok, Brasil, Indonesia, dan Meksiko. Karenanya, Oxfam menuntut adanya vaksin gratis yang bisa dibagikan secara adil berdasarkan kebutuhan.

"Ini hanya memungkinkan jika perusahaan famasi mengizinkan vaksin mereka diproduksi secara luas dengan membagikan ilmu mereka tanpa dipatenkan," ujar Oxfam. 

Related

News 6981419035358725676

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item