Proyek Ibu Kota Baru Ditunda, Akibat Situasi Ekonomi Terdampak Pandemi

Proyek Ibu Kota Baru Ditunda, Akibat Situasi Ekonomi Terdampak Pandemi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah memastikan menunda proyek ibu kota baru, dari semula akan dimulai tahun ini menjadi pada 2021. Hal ini karena ekonomi terdampak pandemi, sehingga Pemerintah ingin lebih fokus untuk menyelesaikan pandemi virus corona.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, meskipun pemindahan ibu kota negara ditunda, pemerintah tetap akan melanjutkan rumusan koordinasi, termasuk meneruskan masterplan.

"Kemudian mengenai ibu kota negara, terutama untuk komunikasi pada tim rumusan koordinasi, sampai hari ini  ibu kota negara programnya masih di-hold," ujar Suharso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI.

Selain melanjutkan masterplan, Suharso menjelaskan, pihaknya juga tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di kota-kota penyangga, seperti Samarinda dan Balikpapan.

Meski ditunda, Bappenas masih memasukkan anggaran rencana strategis ibu kota negara dalam program perencanaan pembangunan nasional yang dialokasikan sebesar Rp 831,4 miliar di 2021. Namun, Suharso tak merinci anggaran yang diusulkan untuk rencana strategis pembangunan ibu kota negara itu di tahun depan. 

"Tapi kita tetap dalam rangka persiapan, dan kita melanjutkan masterplan, dan pembangunan infrastruktur dasar di kota penyangga, seperti Samarinda dan Balikpapan," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan proyek IKN saat ini masih dalam tahap perencanaan, berfokus pada desain dasar ibu kota baru dan penyusunan undang-undang atau payung hukumnya bersama DPR. 

Dia juga menegaskan tidak ada satu pun kegiatan terkait ibu kota negara baru pada tahun ini selama pandemi COVID-2019.

Menurut Basuki, tidak ada satu pun kegiatan terkait ibu kota baru pada tahun ini karena memang payung hukum dan undang-undangnya belum ada, sehingga Kementerian PUPR tidak mengalokasikannya.

Basuki menjelaskan bahwa keberadaan perangkat lunak terkait ibu kota baru negara hanyalah untuk mempersiapkan gagasan-gagasan, bukan desain ibu kota baru.

Related

News 489452682368535597

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item