Survei: Gojek hingga Google Dinilai Berjasa Selama Pandemi Corona

Survei: Gojek hingga Google Dinilai Berjasa Selama Pandemi Corona

Naviri Magazine - Perilaku konsumen selama beberapa bulan ini mengalami perubahan akibat pandemi COVID-19. Aktivitas belanja pun cenderung dilakukan secara online dan menggunakan aplikasi berbasis digital. 

Berdasarkan survei lembaga riset asal Singapura, Blackbox bersama Toluna bertajuk Into The Light: Understanding What Has Changed for Consumers During COVID-19, aplikasi Gojek mendapat respons positif dari masyarakat di Indonesia.

Gojek dalam studi itu muncul sebagai merek lokal yang berjasa (heroes) dan digemari di Indonesia. Gojek dinilai membantu konsumen, memberi solusi bagi kebutuhan konsumen, dan proaktif dalam melakukan inisiatif positif selama krisis pandemi COVID-19.

International Commercial Director of Blackbox Research Yashan Cama mengatakan, dukungan bagi brand Gojek karena pemakaian berbagai layanan yang tercakup dalam ekosistem tersebut, maupun mitranya tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Selain itu, ada sentimen dari masyarakat Indonesia terhadap brand lokal Gojek. 

"Gojek adalah contoh nyata bagaimana rasa nasionalisme itu menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan merek oleh konsumen. Konsumen mulai berpikir untuk mendukung kemajuan perekonomian negaranya dan hal itu ditunjukkan dari brand yang dipilihnya dalam berbelanja," kata Cama dalam survei tersebut. 

Menurut survei tersebut, kecintaan konsumen terhadap brand lokal, seperti Gojek semakin menguat selama pandemi, di mana 8 dari 10 responden yang disurvei di Indonesia atau 91 persen mengaku akan lebih memilih brand asli Indonesia daripada merek asing sejenis. 

"Lagi pula, ini bukan soal dukungan bagi brand lokal saja, tapi juga menunjukkan bagaimana sebuah brand lokal bisa berdampak signifikan bagi bangsanya melalui dukungannya terhadap perekonomian. Inilah mengapa masyarakat Indonesia ingin Gojek bisa terus bertahan maju," jelasnya.

Survei ini melibatkan 4.780 responden di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Survei ini dilakukan pada Juni 2020 menggunakan panel online. Dalam hal merek paling berjasa di Indonesia, Gojek difavoritkan bersama dengan Google dan Unilever.

"Untuk itu, perusahaan asing yang ingin berkompetisi di ranah lokal, mereka perlu mengkaji portofolio brand mereka dan sungguh-sungguh mempertimbangkan bagaimana mereka dapat melokalisasi brand mereka agar dapat mewakili nilai-nilai yang paling diapresiasi oleh konsumen Indonesia," pungkasnya.

Related

News 2481924231681226840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item