Penjelasan di Balik Film 2001: A Space Odyssey yang Membingungkan Penonton

Penjelasan di Balik Film 2001: A Space Odyssey yang Membingungkan Penonton

Naviri Magazine - Di adegan terakhir 2001: A Space Odyssey, Bowman berhasil "berjalan-jalan" di luar angkasa dan akhirnya menjadi seorang pria tua. Sepanjang jalan, dia melihat beberapa fenomena aneh sampai sebuah monolit muncul di dekat tempat tidurnya, yang kemudian mengubahnya menjadi bayi raksasa yang terbang di sekitar Bumi.

Jika dilihat dari konteks film—yang berpusat pada evolusi umat manusia dari kera sampai menjadi makhluk yang mampu melakukan perjalanan ke luar angkasa—akhir ini sangat masuk akal. Setelah sampai ke Jupiter, Bowman berubah menjadi makhluk yang baru. Dia pun dikirim kembali ke Bumi untuk membantu umat manusia melewati tahapan evolusi selanjutnya.

Sutradara 2001: A Space Odyssey, Stanley Kubrick, menjelaskan akhir filmnya dengan singkat dalam sebuah wawancara pada tahun 1969:

"Ketika Bowman mencapai Jupiter, monolit ini membawanya melalui luar angkasa dan bagian lain dari galaksi. Di dalam keabadian, dia menjadi tua, mati, lalu terlahir kembali sebagai makhluk yang sempurna. Ia pun kembali ke Bumi untuk memberikan lompatan besar pada evolusi umat manusia."

Related

Film 1296099182460427167

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item