Penjelasan di Balik Film Inception yang Membingungkan Penonton

Penjelasan di Balik Film Inception yang Membingungkan Penonton

Naviri Magazine - Di akhir Inception, Cobb (Leonardo DiCaprio) bertemu dengan mertua dan anak-anaknya setelah berhasil keluar dari limbo. Dia pun memutar totemnya di atas meja, tetapi kamera langsung memudar jadi hitam sebelum kita tahu apakah totem itu jatuh atau terus berputar.

Hal ini membuat banyak penggemar percaya kalau Cobb masih terjebak di dunia mimpi, bukan di dunia nyata bersama anak-anaknya. Akhir yang ambigu ini pun berhasil membagi penggemar menjadi dua kubu. Beberapa percaya dia bangun, sementara yang lain berpikir kalau dia masih terjebak di dalam limbo.

Sutradara Inception, Christopher Nolan, memang tidak memberikan jawaban "ya" atau "tidak" tentang status mimpi Cobb. Namun, dia mencoba menjelaskannya pada tahun 2015. 

"Cobb pergi bersama anak-anaknya, dan berada dalam realitas subjektifnya sendiri. Dia tidak peduli lagi dan itu membuat pernyataan: mungkin semua bentuk realitas itu valid," ucapnya.

Pada Agustus 2018, Michael Caine, yang berperan sebagai mertua Cobb, memberikan kejelasan tentang akhir yang sangat ambigu tersebut. 

"Aku berkata kepadanya [Nolan], 'Kapan itu mimpi dan kapan itu kenyataan?' Lalu Nolan menjawabnya dengan sederhana dan berkata, "Nah, ketika kamu berada di tempat kejadian, itu kenyataan.'"

Related

Film 4934034788397466446

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item