Empat Cara Menyenangkan untuk Mengendalikan Stres dengan Humor

Empat Cara Menyenangkan untuk Mengendalikan Stres dengan Humor

Naviri Magazine - Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, telah dilaporkan banyak orang menderita stress atau mengalami gangguan keehatan mental. Hal itu diakibatkan, baik karena kekhawatiran akan bahaya covid-19 maupun akibat perubahan rutinitas.  

Dilansir dari Psychology Today, untuk mengendalikan stres yang berlebih, tertawa adalah salah satu caranya dan sekaligus mengurangi tekanan darah, membantu orang menjadi lebih tangguh. 

Ahli humor, Andrew Tarvin membuat strategi bagaimana humor dapat digunakan secara strategis untuk mengelola stres, karena semenjak pandemi inilah stres semakin meningkat dan belum pernah terjadi sebelumnya. Adapun strategi yang dibuat oleh Andrew Tarvin disebut 4R, yaitu: 

Reject (Menolak) 

Hal pertama yang dapat dilakukan saat mencoba mengurangi dan mengelola stres adalah mencoba menghilangkan penyebab dari stres. Drew merekomendasikan membuat 10 daftar yang saat ini menjadi penyebab stres kemudian menyingkirkan sebisanya. 

Mungkin menolak pemicu stres bukan sebuah humor, namun ini salah satu langkah penting dan pertama dalam mengendalikan stres. Disarankan juga untuk membuat daftar dari semua hal yang ingin dihentikan dengan kata awal ‘jangan’. 

Reframe (Mengubah Cara Pandang) 

Humor akan bekerja saat mulai membingkai ulang penyebab stres. Stres tentunya tidak bisa dihindari karena pada saat beranjak dewasa akan menghadapi berbagai macam hal. Stres dapat diubah menjadi permainan karena menyenangkan serta memberikan semangat positif.  

Relieve (Melepaskan) 

Setelah menolak dan membingkai ulang penyebab stres, saatnya untuk melepaskan stres. Drew merekomendasikan untuk membuat jurnal humor untuk melacak hal-hal yang bisa menambahkan humor dalam hidup. 

Kumpulkan serta bagikan hal-hal yang membuat tertawa dan menambahkan humor dalam hidup untuk meringankan serta menghilangkan stres. 

Refresh (Menyegarkan atau Memperbaharui) 

Berwisata atau berjalan-jalan ke luar rumah memang cara yang mampu menyegarkan hati dan pikiran. Namun karena pandemi, alih-alih berwisata langsung anda bisa keliling dunia melalui Google Maps serta bisa menemukan cara sendiri untuk bersantai di rumah. 

Teknik Podomoro juga bisa dilakukan dengan beristirahat selama lima menit setelah bekerja selama 25 menit. Pada saat beristirahat lima menit, bisa menyelipkan humor sehingga dapat menghilangkan stres secara fisiologis (sistem kehidupan). 

Related

Tips 9220392961013505561

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item