Ilmuwan Temukan Gen Misterius dalam Virus Corona, Apa Dampaknya?

Ilmuwan Temukan Gen Misterius dalam Virus Corona, Apa Dampaknya?

Naviri Magazine - Beberapa waktu lalu, ilmuan mengungkapkan adanya gen misterius pada virus corona. Sebuah gen bernama ORF3d diidentifikasikan di dalam SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

Melansir Science Alert dan Bioquick News, gen ORF3d merupakan gen yang saling tumpang tindih atau bisa disebut juga 'gen di dalam gen'.

Menurut para peneliti, penemuan gen ORF3d ini bisa memiliki dampak luar biasa dalam upaya menghentikan Covid-19.

Seperti gen yang saling tumpang tindih lainnya, gen ini tersembunyi di dalam kode genetis SARS-CoV-2, dan sulit dibaca oleh sistem pemindaian genomik yang diprogram untuk membaca gen per individu.

Dituturkan oleh pakar bioinformatika Chase Nelson yang juga merupakan penulis utama studi, keberadaan gen yang saling tumpang tindih di dalam SARS-CoV-2 bukanlah hal yang mengejutkan.

Hal ini karena, meski virus corona seperti SARS-CoV-2 hanya memiliki sekitar 15 gen, ia termasuk salah satu virus RNA terpanjang dalam sejarah.

"Oleh karena itu, mereka mungkin lebih rentan terkena 'tipuan genomik' dibanding virus-virus lainnya," ujar Nelson.

Akan tetapi, saat ini kita sedang berperang menghadapi virus corona, dan mengetahui sebanyak mungkin mengenai SARS-CoV-2. Penemuan ini bisa membantu para peneliti mencari cara untuk menghentikannya.

Related

Science 2372797290235706251

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item