Jerinx SID Dituntut 3 Tahun Penjara Gara-gara Unggahan 'IDI Kacung WHO'

Jerinx SID Dituntut 3 Tahun Penjara Gara-gara Unggahan 'IDI Kacung WHO'

Naviri Magazine - I Gede Ari Astina atau yang sering disapa Jerinx SID, dituntut 3 tahun penjara atas kasusnya yang menyebut 'IDI Kacung WHO'.

Tuntutan dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (3/11). Jerinx dinilai menyebarkan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan kata-katanya.

Menurut Jaksa Otong Hendra Rahayu, perbuatan terdakwa melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 Jo Pasal ayat (1) KUHP. 

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina dengan pidana penjara selama 3 tahun penjara ," kata tim JPU yang dipimpin Otong Hendra Rahayu. 
Selain itu, Jerinx juga dituntut membayar denda Rp10 juta subsider 3 bulan penjara.

Ada dua unggahan Jerinx yang dinilai mencemarkan nama baik dan menyebarkan ujaran kebencian kepada IDI.

Pertama adalah unggahan "Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan RS seenaknya mewajibkan semua orang yang kan melahirkan dites CV19. Sudah banyak bukti jika hasil tes sering ngawur kenapa dipaksakan? Kalau hasil tesnya bikin stress dan menyebabkan kematian pada bayi/ibu, siapa tanggung jawab". 

Jerinx juga meminta IDI dibubarkan dan tidak akan berhenti menyerang mereka.

Kedua adalah unggahan "Tahun 2018 ada 21 dokter Indonesia yang meninggal. Ini yang terpantau oleh media saja ya. Sayang, ada konspirasi busuk yang mendramatisir situasi ini seolah dokter meninggal hanya tahun ini agar masyarakat ketakutan berlebihan terhadap CV19. Saya tahu dari mana?silakan salin semua link yang ada di foto, post di FB/IG anda, lalu lihat apa yang terjadi masih bilang C19 bukan konspirasi? Wake the f*ck up Indonesia."

Kedua unggahan ini membuat IDI merasa terhina dan dibenci oleh sebagian warga Indonesia.

Related

News 879071040291433094

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item