Mengenal Humblebrag, dan Tips Menghadapi Orang yang Melakukannya

Mengenal Humblebrag, dan Tips Menghadapi Orang yang Melakukannya

Naviri Magazine - Pernah dengar istilah humblebrag? Humblebrag adalah sebuah perilaku dimana seseorang mengungkapkan suatu pernyataan yang cenderung merendahkan dirinya sendiri.

Bahkan, seringkali ia terlihat seperti menyalahkan atau membenci keadaan. Padahal, ia melakukan hal ini agar bisa pamer dengan cara yang halus. 

Humblebarg biasanya bertujuan untuk mendapatkan respon positif seperti pujian dari orang lain. Namun, bagi kita yang mendengarnya, perilaku humblebrag terasa cukup mengganggu.

Jika kamu memiliki teman atau kerabat yang melakukan humblebrag, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan.

1. Coba untuk terlihat tidak tertarik

Kerap kali seseorang melakukan humblebrag untuk menarik perhatian orang lain. Jika kamu bisa menunjukkan padanya kalau kamu tidak tertarik, ia akan berhenti membual padamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengabaikan ucapannya. Mungkin hal ini akan terlihat cukup jahat, tapi kamu tak perlu melakukannya secara terang-terangan, kok.

2. Katakan kalau kamu memahami perasaannya.

Humblebrag dilakukan dengan cara menyampaikan kalimat yang bertolak belakang dengan kejadian sebenarnya. Misalnya saja, ia mengatakan, "Aku gak mau lagi deh, pergi keliling Eropa. Capek banget". 

Dalam kalimatnya kita bisa mengartikan kalau ia sangat lelah setelah melakukan perjalan selama beberapa minggu keliling Eropa, ia pun tidak ingin melakukan perjalanan seperti itu lagi. Padahal, sebenarnya ia hanya ingin kamu fokus pada keberhasilannya melakukan perjalanan keliling Eropa, bukan pada rasa lelah yang ia dapatkan. 

Jadi untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa mengatakan padanya kalau kamu sangat mengerti dan memahami perasaannya. Lakukan hal ini setiap kali dia bercerita dan membual.

Dengan demikian, ia tidak bisa mendapatkan hasil dari humblebrag dan akan berhenti begitu saja. Kamu mungkin akan membuatnya merasa kesal, namun ia tidak bisa menunjukkannya padamu.

3. Alihkan topik pembicaraan

Jika kamu mulai merasa lelah saat mendengar ucapannya, kamu bisa mengalihkan pembicaraan. Dengan demikian, ia akan mengerti kalau kamu tidak ingin membahas cerita darinya. Ia pun akan menyadari kalau usahanya mencari perhatian padamu akan sia-sia saja.

4. Beri pengertian padanya tentang dampak buruk humblebrag.

Jika ia adalah orang terdekatmu, kamu bisa menasehatinya. Katakan padanya kalau apa yang ia lakukan adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan bagi orang lain.

Ia harus tahu kalau setiap orang sudah paham tentang perilaku humblebrag dan ia tidak akan mendapatkan pengakuan ataupun pujian dengan melakukan hal tersebut.

Related

Tips 4341561745879480642

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item