Misi Nirawak China Sukses Mendarat di Bulan, Siap Kumpulkan Sampel Batuan

Misi Nirawak China Sukses Mendarat di Bulan, Siap Kumpulkan Sampel Batuan

Naviri Magazine - China sekali lagi mencatatkan sejarah untuk misi luar angkasanya, setelah pesawat luar angkasa Chang'e-5 berhasil mendarat di permukaan Bulan.

Mengutip laporan media pemerintah China, Reuters memuat, Chang'e-5 telah mendarat pada Selasa (1/12), setelah sepekan melakukan perjalanan.

Diluncurkan pada Selasa (24/11), misi tanpa awak tersebut akan mencoba mengumpulkan 2 kg sampel bebatuan Bulan di daerah yang belum pernah dijamah sebelumnya.

Wialayah tersebut berada di dataran lava yang disebut sebagai Oceanus Procellarum atau Ocean of Storms.

Nantinya, kendaraan pendarat akan mengebor permukaan Bulan dengan lengan robotik. Kemudian memindahkan sampel tanah dan batuannya ke kendaraan yang akan lepas landas.

Protes pengambilan sampel itu diperkirakan akan dilakukan dua hari ke depan. Sampel juga akan ditransfer ke kapsul untuk melakukan perjalanan kembali ke Bumi.

Chang'e-5 diharapkan dapat mendapat di wilayah Mongolia Dalam China.

Jika berhasil, maka China akan menjadi negara ketiga yang mengambil sampel di Bulan, setelah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Nama Chang'e-5 diambil dari nama Dewi Bulan dalam mitos China. Di mana misi Bulan sudah dilakukan China sejak 2013.

Pada Januari 2019, Chang'e-4 mendarat di sisi jauh Bulan, sebuah pencapaian yang baru pertama kali dilakukan oleh negara mana pun. 

Related

News 5214999990861815592

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item